Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Memuaskan, Bank Mestika (BBMD) Borong 3 Penghargaan Bergengsi

PT Bank Mestika Dharma Tbk (BBMD) memboyong pulang tiga penghargaan bergengsi dari ajang Investor Best Bank 2022 dan The 13th Corporate Governance Award 2022.
Jajaran Direksi dan Sekretaris PT Bank Mestika Dharma Tbk (dari kiri ke kanan): Sekretaris Perusahaan Suharto, Direktur Umum Yusri Hadi, Wakil Presiden Direktur Hendra Halim, Presiden Direktur Achmad S Kartasasmita, Direktur Kepatuhan Andy, Direktur Operasional Harun Ansari. / Istimewa
Jajaran Direksi dan Sekretaris PT Bank Mestika Dharma Tbk (dari kiri ke kanan): Sekretaris Perusahaan Suharto, Direktur Umum Yusri Hadi, Wakil Presiden Direktur Hendra Halim, Presiden Direktur Achmad S Kartasasmita, Direktur Kepatuhan Andy, Direktur Operasional Harun Ansari. / Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - PT Bank Mestika Dharma Tbk (BBMD) memboyong pulang tiga penghargaan bergengsi dari ajang Investor Best Bank 2022 dan The 13th Corporate Governance Award 2022.

Ketiga penghargaan yang diraih adalah Best Finansial, kemudian Top 50 Emiten dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar (Midcap) serta Bank Terbaik 2022 untuk kategori Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) I.

Penganugerahan ini berlangsung di Jakarta pada Senin (30/5/2022).

Menurut Presiden Direktur Bank Mestika Achmad S. Kartasasmita, kinerja keuangan Bank Mestika pada 2021 meningkat tinggi.

Begitu pula dengan catatan yang ditorehkan pada Kuartal I 2022, Bank Mestika berhasil membukukan laba senilai Rp120 miliar.

Karena itu, kata Achmad, Bank Mestika mempersembahkan penghargaan ini untuk seluruh unsur yang berperan penting mendongkrak kinerja perseroan.

"Bank Mestika adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan juga telah go public, tentunya memiliki tanggung jawab yang lebih besar kepada stakeholder dan shareholder-nya," kata Achmad, Selasa (2/6/2022).

Bank Mestika, lanjut Achmad, selama ini senantiasa menjaga prinsip keterbukaan informasi mengenai kinerja perusahaan.

Pengelolaan dan pengembangan bisnis Bank Mestika juga dijalankan dengan prinsip kehati-hatian serta menerapkan tata kelola yang baik.

"Bank Mestika mempersembahkan penghargaan ini kepada nasabah dan pemegang saham yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan hingga saat ini. Kami berkomitmen untuk memberikan hasil terbaik," kata Achmad.

PT Bank Mestika Dharma Tbk membukukan laba bersih senilai Rp519,58 miliar sepanjang 2021, tumbuh 59,41 persen secara tahunan (yoy).

Dari hasil tersebut, Bank Mestika membagi dividen senilai Rp138 miliar kepada para pemegang saham dengan total 4.027.068.800 lembar saham.

Total pemegang saham di atas telah dikurangi saham treasuri yang dimiliki perseroan sebanyak 63.021.200 lembar saham. Dengan demikian, pembagian dividen tercatat sebesar Rp34,26 miliar per lembar saham.

Selain laba, total aset Bank Mestika juga meningkat 12,88 persen (yoy) menjadi Rp15,98 triliun.

Menurut Achmad, performa positif tersebut didongkrak oleh strategi jitu perseroan.

Selama ini, Bank Mestika fokus pada segmen kredit high yield. Pilihan ini menawarkan margin bunga bersih (NIM) stabil di level 5 persen.

Di samping itu, kata Achmad, pencapaian di atas juga tak lepas dari peran pemerintah, khususnya dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, pemerintah memberi berbagai program stimulus agar perekonomian kembali pulih.

Achmad mengatakan, perseroan turut mendukung momentum pemulihan tersebut dengan cara menyalurkan kredit ke berbagai sektor. Termasuk pada sektor kredit konsumer.

"Kami berinisiatif mendorong percepatan pertumbuhan kredit konsumer dengan melakukan kerja sama strategis dengan beberapa developer yang memiliki reputasi baik, menggelar sejumlah event virtual dan membuat promosi yang menarik," ujar Achmad.

Bank Mestika telah tuntas menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2021 di Kota Medan, Selasa (24/5/2022). Selain dividen, terdapat sejumlah poin lainnya yang dibahas pada RUPS Tahunan tersebut.

Bank ini mencatat kinerja positif pada Kuartal I 2022. Pada periode tersebut, penyaluran kredit Bank Mestika sudah mencapai Rp8,40 triliun.

Jumlah di atas mengalami peningkatan Rp1,37 triliun atau tumbuh 19,52 persen secara year on year (yoy). Pada Kuartal I 2021, kredit Bank Mestika berjumlah Rp7,02 triliun.

Achmad mengatakan, jajarannya akan terus fokus membangun kinerja keuangan sehingga semakin kuat dan berkelanjutan. Optimisme itu muncul seiring catatan apik penyaluran kredit Bank Mestika pada Kuartal I 2022 ini.

"Ini sebuah pencapaian yang sangat membangun rasa optimis bahwa perseroan di akhir tahun akan membukukan nilai kredit yang lebih besar dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan," ujar Achmad.

Selain penyaluran kredit, kualitas portofolio yang dikelola Bank Mestika juga menunjukkan perbaikan yang berkesinambungan.

Rasio non-performing loan (NPL) Bank Mestika yang terus membaik ke posisi 1,68 persen (yoy) pada Kuartal I 2022. Pada periode yang sama tahun lalu, NPL Bank Mestika masih berada di level 1,78 persen.

Begitu juga dengan Dana Pihak Ketiga (DPK). Pertumbuhannya menyentuh 9,29 persen (yoy), yakni dari Rp10,38 triliun menjadi Rp11,35 triliun pada Kuartal I 2022.

Pertumbuhan DPK ditopang dengan rasio dana murah atau Current Account and Saving Account (CASA) yang turut meningkat menjadi 44,01 persen (yoy).

Sedangkan di sisi laba, kinerja Bank Mestika juga tercatat positif. Pada Kuartal I 2022, laba Bank Mestika tumbuh 24,63 persen (yoy).

Berdasar laporan keuangan perseroan, laba bersih Bank Mestika meningkat menjadi Rp120,58 miliar per akhir Triwulan I 2022. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, laba bersih Bank Mestika Rp96,75 miliar.

Peningkatan laba bersih tersebut didongkrak oleh pertumbuhan dana murah yang turut mendorong perbaikan biaya dana atau Cost of Fund (CoF). Yakni dari 2,69 persen pada akhir Kuartal I 2021 lalu 7menjadi 2,19 persen pada Kuartal I 2022.

Adapun total ekuitas Bank Mestika juga meningkat 11,81 persen atau sebesar Rp456,22 miliar (yoy) pada Kuartal I 2022. Nilainya kini menjadi Rp4,32 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper