Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Muamalat Optimistis Tahun Depan Jemaah Haji Pulih Seperti 2019

Produk dan layanan haji yang disediakan Bank Muamalat Indonesia, selaras dengan program haji BPKH, seperti Haji Muda.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Juni 2022  |  11:14 WIB
Bank Muamalat Optimistis Tahun Depan Jemaah Haji Pulih Seperti 2019
Karyawan melayani nasabah melakukan pembukaan rekening melalui smart account opening di Kantor Pusat Bank Muamalat, Jakarta, Senin (7/9/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Sejalan dengan pemulihan ekonomi yang terus terjadi dan perubahan status Covid-19 dari pandemi menjadi endemi diyakini akan membuat jumlah pendaftar haji pada tahun depan pulih kembali seperti 2019.

Hal ini menjadi berkah bagi bank-bank syariah, termasuk PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Direktur Utama Bank Muamalat Indonesia Achmad Kusna Permana mengatakan perubahan status pandemi Covid-19 memberi dampak besar terhadap jumlah pendaftar haji saat ini.

Jika kondisi ini terus terjadi, dia memprediksi pada 2023 jumlah pendaftar akan sama dengan 2019 yaitu sekitar 710.000 jemaah haji.

“Proyeksi Bank Muamalat untuk 2023 akan terjadi kenaikan pendaftar Jemaah haji, setidaknya akan kembali normal seperti 2019,” kata Permana kepada Bisnis, Minggu (5/6)

Permana mengatakan sebagai Bank Penerima Setoran Haji sejak 2009, perseroan mencatat jumlah pendaftar haji yang dikelola hampir mencapai 600.000 jemaah, dengan dana kelola tabungan haji per 30 Mei 2022 berkisar Rp1,3 triliun rupiah.

Permana juga mengatakan pangsa pasar haji Bank Muamalat Indonesia juga tumbuh positif dari 13 persen pada 2021 menjadi 16 persen per Mei 2022 (Haji Reguler), dan dari 28 persen pada 2021 menjadi 38 persen per Mei 2022 (Haji Khusus).

Alhamdulillah, market share haji Bank Muamalat Indonesia mengalami kenaikan,” kata Permana.

Bank Muamalat sebagai bank pertama murni syariah dan sebagai anak usaha dari BPKH, kata Permana, senantiasa memiliki komitmen terdepan untuk memberikan kemudahan produk dan layanan haji kepada calon Jemaah haji Indonesia.

Produk dan layanan haji yang disediakan Bank Muamalat Indonesia, selaras dengan program haji BPKH, seperti Haji Muda.

Produk dan layanan haji Bank Muamalat Indonesia, lanjutnya, mengakomodir semua kebutuhan calon jemaah haji maupun umrah, baik dari tahapan perencanaan, pendaftaran, pelunasan, transaksi di Tanah Suci sampai kepulangan di Tanah Air.

“Untuk perencanaan Bank Muamalat Indonesia memiliki layanan tabungan rencana yang menyasar segmen usia dini maupun usia muda produktif,” kata Permana.

Perseroan juga memberikan layanan kemudahan bagi calon jemaah haji Indonesia, dalam melakukan pendaftaran maupun pelunasan porsi haji melalui semua kanal Bank Muamalat Indonesia baik cabang, Mobile Branch, PLHUT (Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu) maupun inovasi terbaru melalui mobile banking Bank Muamalat (M-DIN).

“Dengan demikian calon Jemaah haji, terutama segmen usia muda bisa melakukan pendaftaran porsi haji kapanpun dan dimanapun mereka berada. Bahkan sambil menikmati liburan bersama keluarga pun pendaftaran haji tetap dapat dilakukan dengan cepat dan mudah,” kata Permana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank syariah bank muamalat Ibadah Haji jemaah haji Endemi
Editor : Farid Firdaus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top