Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak! Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan swasta dapat menjadi pelengkap dari kepesertaan BPJS Kesehatan. Ini adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum memilih asuransi kesehatan.
1

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Ilustrasi - thisisaustralia.com
Ilustrasi - thisisaustralia.com
Bagikan
  • Cek asuransi kesehatan yang sudah dimiliki

Semua karyawan tetap umumnya memperoleh perlindungan kesehatan dari tempatnya bekerja, minimal berupa BPJS Kesehatan, atau ditambah lagi dengan plafon tunjangan kesehatan atau asuransi kesehatan kumpulan. Tak ada salahnya mengecek apakah anggota keluarga termasuk dalam pertanggungan dari perusahaan atau tidak. Jika ditanggung, cek juga manfaat apa saja yang bisa dinikmati oleh keluarga. Mempertimbangkan fasilitas yang kamu dapat dari kantor bisa mempengaruhi asuransi kesehatan yang perlu dibeli secara mandiri.

  • Pertimbangkan manfaat tambahan

Setiap asuransi kesehatan menawarkan manfaat dasar atau basic dan manfaat tambahan atau rider. Beberapa manfaat tambahan yang bisa kamu pertimbangkan misalnya manfaat rawat jalan, rawat gigi, manfaat kehamilan dan persalinan, kacamata, no claim bonus, dan sebagainya.

  • Pelajari manfaat dan pengecualian dalam polis

Penting untuk mengecek polis sebelum membeli, khususnya bagian pengecualian. Dalam asuransi, tidak semua risiko bisa dilindungi. Risiko yang tidak mendapat perlindungan ini disebut pengecualian. Beberapa pengecualian dalam asuransi kesehatan misalnya jika tertanggung sudah memiliki riwayat penyakit sebelum memiliki pertanggungan asuransi, memiliki kelainan bawaan.

  • Lakukan perbandingan

Untuk mendapatkan produk terbaik, perlu melakukan perbandingan antara beberapa produk asuransi kesehatan. Jangan sungkan bertanya pada agen atau tenaga pemasar mengenai manfaat yang akan diterima dan premi yang perlu dibayar. Yang jelas, memiliki satu polis yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga akan memberikan manfaat lebih optimal dengan premi yang lebih terjangkau ketimbang polis yang berbeda-beda untuk masing-masing anggota keluarga.

  • Pilih perusahaan asuransi terpercaya

Jangan lupa periksa rekam jejak perusahaan asuransi dari beberapa hal, seperti berapa lama perusahaan asuransi tersebut berdiri, reputasi dalam hal pembayaran klaim nasabah, pelayanan agen pemasaran dan customer service dalam membantu nasabah ketika menghadapi risiko, serta kemudahan proses klaim.

“Dengan memiliki asuransi kesehatan, kamu bisa meminimalisir biaya yang perlu kamu keluarkan jika ada keluarga yang sakit. Sebab, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian biaya rumah sakit tersebut,” kata Sukarno.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asuransi kesehatan tips
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top