Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Teken Kerja Sama dengan Asosiasi Importir Korea Selatan

BNI memprakirakan Korea Selatan memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Korea Importers Association (KOIMA) dalam acara Imported Goods Fair atau IGF 2022 di Seoul.

Penandatanganan MOU ini mencakup kerja sama dalam program business matching dan pertukaran informasi yang berhubungan dengan eksportir Indonesia dan importir Korea Selatan.

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengungkapkan Korea Selatan memiliki potensi pasar yang besar bagi produk UMKM Indonesia. Mengingat 82 persen penduduk Korea Selatan tinggal di perkotaan dan memiliki usia harapan hidup terpanjang. 

Sementara itu, sepanjang Januari – Mei 2022, emiten bank berkode saham tersebut mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor sebesar 30,62 persen secara tahunan. Oleh sebab itu, kerja sama ini diharapkan menjadi pintu gerbang perusahaan Indonesia untuk masuk ke pasar Korsel.

“Hal ini merupakan upaya untuk menciptakan banyak peluang investasi di luar negeri, menambah potensi lapangan kerja baru bagi masyarakat Indonesia, serta mendorong UMKM dalam negeri untuk masuk pasar internasional,” ujarnya dalam siaran pers, Kamis (23/6/2022).

Dia melanjutkan upaya ini sekaligus menarik banyak potensi penanaman modal dari luar negeri. Selain itu, perseroan turut menyediakan fasilitas permodalan bagi para pelaku UMKM diaspora.

Perseroan, kata Corina, juga telah bekerja sama dengan Kedutaan Besar Indonesia di Korea Selatan serta Kementerian Perdagangan untuk terus menggali potensi pasar di Korea Selatan, termasuk dengan mendorong kolaborasi bersama diaspora. 

Di sisi lain, kerja sama KBRI, BNI, dan Kementerian Perdagangan dalam event IGF 2022 ini diharapkan memberi dampak langsung kepada nasabah Xpora. Pasalnya, BNI mulai menerima banyak permintaan dari anggota KOIMA untuk melakukan business matching selama pameran.

Dalam acara Imported Goods Fair (IGF) 2022, Kedutaan Besar Republik Indonesia atau KBRI di Seoul, Korea Selatan, bersama BNI turut memboyong produk-produk UMKM binaan perseroan.

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh KOIMA ini bertujuan mendukung produsen dan supplier luar negeri untuk mempromosikan produk kepada importir dan konsumen Korea Selatan. Pameran tersebut resmi dimulai pada 23-25 Juni 2022 di Coex Seoul.

Pada event IGF tahun ini, Paviliun Indonesia membawa mitra UMKM binaan BNI dalam program Xpora untuk berpartisipasi dan mempromosikan produk-produk unggulan seperti mebel dan dekorasi kayu, perhiasan perak dan mutiara hingga kopi dan produk makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper