Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transaksi Keuangan Lintas Batas dengan Singapura & Thailand Hasilkan Rp344 Miliar

Ravi Menon, Managing Director of the Monetary Authority of Singapore (MAS), mengatakan dalam kurun 3 bulan terakhir, transaksi lintas batas dua negara tembus 100.000.
Ilustrasi dolar Singapura/ Bloomberg
Ilustrasi dolar Singapura/ Bloomberg

Bisnis.com, BALI – Kerja sama pembayaran lintas negara atau cross border payment antara Singapura dan Thailand berhasil membukukan nilai transaksi sebesar 32 juta dolar Singapura atau setara Rp344 miliar (kurs Rp10.750) selama Maret – Mei 2022.

Ravi Menon, Managing Director of the Monetary Authority of Singapore (MAS), mengatakan dalam kurun 3 bulan tersebut, kerja sama pembayaran lintas negara antara dua negara Asia Tenggara atau Asean ini juga mencapai 100.000 transaksi.

“Asean telah membuat progres yang sangat baik, membawa sistem pembayaran lintas negara menjadi cepat dan murah,” ujarnya dalam sesi side event G20 di Nusa Dua, Bali, Kamis (14/7).

Ravi menjelaskan bahwa capaian tersebut tidak terlepas efektifitas serta efisiensi dari sistem pembayaran yang diusung keduanya. Hal ini pun memungkinkan individu di Singapura dan Thailand bisa saling mengirim uang hanya dengan menggunakan nomor ponsel.

Hanya dengan nomor ponsel, kata Ravi, publik yang berada di Singapura atau Thailand bisa melakukan transfer langsung dari rekening bank pengirim ke rekening penerima.

“Hanya butuh beberapa menit dan lima kali lebih murah dibandingkan saluran pembayaran konvensional di perbankan. Biaya pengiriman saat ini sekitar 3 persen dari nilai transfer, sedangkan normalnya 10 hingga 15 persen,” tuturnya.

Menurut Ravi, dibutuhkan kemitraan publik dan swasta yang kuat untuk mewujudkan sistem pembayaran cepat lintas negara. Kerja sama ini juga tidak terlepas dari komitmen kedua bank sentral negara serta dukungan industri perbankan.

Dia juga menilai bahwa wujud keberhasilan kerja sama antara Singapura dan Thailand tersebut telah memacu kepercayaan diri dari negara Asean lainnya. Oleh sebab itu, Ravi memperkirakan sistem pembayaran ini bakal semakin banyak diimplementasikan ke depan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper