Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Era Cashless, Transaksi QRIS Bank DKI Melesat 742 Persen per Juni 2022

Nilai transaksi QRIS Bank DKI tumbuh 742 persen secara tahunan (year-on-year) per Juni 2022.
Warga melakukan pembayaran secara non tunai melalui QRIS Bank DKI di RSU Adyaksa, Jakarta Timur/Bank DKI
Warga melakukan pembayaran secara non tunai melalui QRIS Bank DKI di RSU Adyaksa, Jakarta Timur/Bank DKI

Bisnis.com, JAKARTA – Bank DKI terus mendukung perluasan transaksi Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS melalui aplikasi JakOne Pay sebagai upaya mendukung sektor pariwisata dan UMKM.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia pada Sabtu (16/7/2022), transaksi QRIS menggunakan sumber dana berupa simpanan dan/atau instrumen pembayaran berupa kartu debet, kartu kredit, dan/atau uang elektronik yang menggunakan media penyimpanan server based.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan transaksi QRIS merupakan solusi pembayaran digital bagi sektor pariwisata dan UMKM. Sebab, lanjut Amirul, sebagai salah satu sektor yang menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi, sektor pariwisata di Indonesia tidak lepas dari digitalisasi layanan perbankan.

"Transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI mencapai Rp22,4 miliar hingga Juni 2022. Nilai transaksi itu tumbuh 742 persen dibanding periode Juni 2021 yang membukukan sebesar Rp2,6 miliar," ujarnya, Sabtu (16/7/2022). 

Selain transaksi QRIS, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna dengan jumlah nominal transaksi mencapai Rp9,1 triliun, serta volume transaksi mencapai 10,8 juta transaksi per Juni 2022.

Amirul mengatakan dalam upaya mendukung Pariwisata dan UMKM, Bank DKI mempermudah wisatawan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi JakOne Pay, yang juga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan asing.

Dia menjelaskan JakOne Pay merupakan simple apps bagi generasi muda milenial dan Gen Z yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi sehari-hari.

Aplikasi ini mendukung transaksi untuk melakukan scan to pay QRIS, serta aktivitas uang elektronik server based lainnya. Tanpa perlu mengganti nomor menjadi nomor nasional, wisatawan asing sudah dapat bertransaksi menggunakan QRIS,” ujar Amirul. 

Tak hanya untuk QRIS, Amirul mengungkapkan pengisian atau top up aplikasi JakOne Pay juga dapat dilakukan menggunakan kartu kredit yang dimiliki oleh wisatawan asing.

Di sisi lain, Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia Elsya MS Chani mengatakan kehadiran QRIS sebagai bagian dari digitalisasi perbankan dapat memudahkan konsumen, terutama para turis yang juga menjadi upaya mendukung UMKM di sejumlah destinasi pariwisata.

Amirul mengatakan dalam upaya digitalisasi di sektor pariwisata dan UMKM, Bank DKI telah melakukan berbagai upaya, di antaranya integrasi transportasi, elektronifikasi pembayaran, serta melalui berbagai kolaborasi dengan BPD maupun BUMD.

“JakOne Pay sebagai uang elektronik milik Bank DKI telah tersedia di sejumlah aplikasi seperti Jakarta Xplore dan Ancol apps yang memudahkan pembayaran nontunai sebagai bentuk kolaborasi di sektor pariwisata,” tutup Amirul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper