Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Fokus Garap Green Banking, Ini Kata Analis

Pembiayaan hijau dan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi berkelanjutan tengah menjadi perhatian beberapa bank-bank besar di seluruh dunia.
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI Hongkong. /BNI
Pegawai sedang membantu nasabah untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking di Kantor Cabang BNI Hongkong. /BNI

Bisnis.com, JAKARTA — Analisis menilai langkah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BBNI yang fokus dalam mengembangkan green banking dan transaction banking akan berdampak positif pada bisnis perusahaan, yang juga berpotensi membuat pergerakan saham BBNI menghijau.

Associate Director Pilarmas Investindo Maximilianus Nicodemus mengatakan pembiayaan hijau dan hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi berkelanjutan tengah menjadi perhatian beberapa bank-bank besar di seluruh dunia.

Strategi BNI, menurutnya, dalam pengembangan green banking merupakan langkah tepat. Pasalnya, BBNI berhasil menangkap perubahan yang sedang terjadi di dunia dan berusaha menjadi leading company di green financial services.

“Siapa yang mampu mencium perubahan pasar, akan menjadi pemimpin di sana. BBNI tentu melihat ini sebagai sebuah kesempatan baru yang mereka bisa kembangkan,” kata Maximilianus dalam siaran pers, Senin (1/8/2022).

Dia juga memperkirakan kinerja positif yang dibukukan BNI dan bank-bank lainnya akan berdampak positif pada pergerakan saham. Laba yang dibukukan oleh BNI merupakan sentimen yang positif, dimana sentimen positif cenderung mempengaruhi harga saham.

Diketahui, pada semester I/2022, BNI membukukan laba bersih mencapai Rp8,8 triliun atau tumbuh 75,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Net interest margin (NIM) BNI berada pada kisaran 4,7 persen, dan ditopang dari tingginya pencapaian non-interest income yang pada semester I/2022 mencapai Rp 7,6 triliun atau naik 11 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). Dari sisi pembiayaan, BNI telah menyalurkan kredit sebesar Rp620,42 triliun, naik 8,9 persen yoy.

Sementara itu, Associate Director Chief of Research PT Fokus Finansial Janson Nasrial menilai strategi BNI dalam mendorong green banking dan transaction banking merupakan upaya dalam diversifikasi sumber pembiayaan khususnya segmen korporasi, mengingat di sektor tersebut BNI berkompetisi dengan empat bank besar lain.

“BBNI mempunyai Price to Book Value (PBV) yang paling rendah di antara 4 besar bank lain, maka apabila turnaround-nya terbukti bagus, potential returnnya bisa bagus,” kata Janson.

Sebelumnya, Direktur Keuangan BNI Novita Widya Anggraini mengatakan harga saham BBNI ditutup pada harga Rp 7.850 pada 30 Juni 2022 atau meningkat 69,5 persen yoy. Dengan kapitalisasi pasar Rp146,4 triliun, BBNI tetap menjadi pilihan utama investor.

Selain karena pencapaian kinerja yang positif dan solid pada paruh pertama 2022, beberapa poin dapat menjadi catatan pendukung bagi investor BNI, yaitu Pertama, Perseroan termasuk entitas bisnis keuangan yang terdepan dalam melaksanakan transformasi digital untuk mempersiapkan pondasi bisnis di masa depan.

BNI juga melakukan transformasi korporasi secara menyeluruh menjadi bank yang berfokus pada profitabilitas. Kemudian, BNI memiliki valuasi yang atraktif, karena belum mencerminkan kondisi fundamental sebenarnya. Dari sisi transformasi, perseroan terus memperkuat aspek penguatan permodalan, digitalisasi, serta perbaikan kualitas aset.

“Dalam jangka panjang, upaya transformasi ini diarahkan untuk membawa BNI menjadi bank dengan profitabilitas yang tinggi di industri. BNI juga tetap layak terus menjadi koleksi investasi karena dari sisi valuasi, rasio Price to Book Value (PBV) BNI masih di kisaran 1,2x, belum mencerminkan kondisi fundamental yang sebenarnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper