Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pemilik Batavia Prosperindo Finance (BPFI) Berganti ke Woori Card, Hyeok Jin Gantikan Markus

Hyeok Jin Seo diangkat sebagai direktur utama baru baru PT Batavia Prosperindo Finance Tbk. (BPFI) jelang selesainya akuisisi oleh Woori Card Co, Ltd.
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengunjung melintasi deretan mobil bekas yang dipamerkan di Jakarta, Minggu (24/4/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilik PT Batavia Prosperindo Finance Tbk. menyetujui perubahan susunan direksi dan dewan komisaris perseroan, seiring masuknya perusahaan asal Korea Selatan, Woori Card Co, Ltd.

Saat ini, pemilik atau pemegang saham BPFI adalah Batavia Prosperindo Internasional (74,22 persen), UOB Kay Hian Pte Ltd (6,03 persen), Suzanna Tanojo (7,43 persen) dan masyarakat (12,32 persen). Dalam pengumuman Maret 2022 lalu, Woori Card akan menjadi pemegang saham pengendali baru dengan target kepemilikan 82,03 persen.

Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Batavia Prosperindo Finance (BPFI) yang digelar 16 Agustus 2022, pemegang saham menyetujui pengangkatan Hyeok Jin Seo sebagai direktur utama baru perseroan menggantikan Markus Dinarto Pranoto.

"Terhitung sejak tanggal terakhir antara tanggal efektif pengambilalihan perseroan atau tanggal yang bersangkutan memperoleh persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan dari OJK untuk masa jabatan 5 tahun, yaitu sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2027," tulis manajemen BPFI, dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, Minggu (20/8/2022).

Pengangkatan tersebut menjadi batal apabila yang bersangkutan tidak memperoleh persetujuan fit and proper test dari OJK sebagai direktur utama.

Selanjutnya, RUPSLB perseroan juga mengangkat Jeong Dae Kim sebagai direktur baru perseroan menggantikan Indah Mulyawan.

Markus Dinarto Pranoto masih akan menjabat selaku direktur utama sampai dengan tanggal efektif jabatan direktur utama baru. RUPSLB juga menerima pengunduran diri Markus yang efektif terhitung sejak tanggal efektif jabatan direktur utama baru. Demikian pula, Indah Mulyawan yang akan menjabat sebagai direktur sampai dengan tanggal efektif jabatan direktur baru.

Selain itu, perseroan juga mengangkat Cheol Hee Han selaku komisaris utama perseroan menggantikan Irena Istary Iskandar dan mengangkat Sadhana Priatmadja selaku komisaris menggantikan Christopher Joseph Clower. Pengangkatan ini terhitung sejak tanggal terakhir antara tanggal efektif pengambilalihan perseroan atau tanggal yang bersangkutan memperoleh persetujuan atas penilaian kemampuan dan kepatutan dari OJK.

Adapun, pemegang saham perseroan juga telah menyetujui pengambilalihan atau perubahan pemegang saham pengendali perseroan oleh Woori Card atas 2.193.552.006 saham atau setara dengan 82,03 persen dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor dalam perseroan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper