Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Modalku, HSBC Salurkan Fasilitas Kredit Rp737 Miliar untuk UMKM

HSBC Singapore menggandeng Modalku siap salurkan fasilitas kredit Rp7373 Miliar untuk UMKM potensial agar berkembang lebih pesat.
Kantor pusat HSBC./hsbc.com
Kantor pusat HSBC./hsbc.com

Bisnis.com, JAKARTA – HSBC Singapore melakukan penandatanganan fasilitas kredit senilai US$50 Juta atau sekitar Rp737 Miliar dengan Grup Modalku, platform pendanaan digital. Kerja sama tersebut bertujuan untuk mendukung UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal.

Head of Commercial Banking HSBC Singapore Regina Lee mengatakan sebagai platform pendanaan digital UMKM, Grup Modalku memainkan peran penting dalam berkontribusi  bagi  pertumbuhan ekonomi baru di Asia Tenggara dengan mendorong inklusi keuangan yang lebih luas. 

Modalku juga gencar dalam mendukung perusahaan lokal, yang merupakan bagian dari fondasi ekonomi, untuk berkembang. 

“Kami sangat senang dapat mendukung Grup Modalku dalam memperluas jangkauan bisnisnya untuk mendukung UMKM berpotensi di wilayah mereka,” kata Regina dalam siaran pers, Senin (22/8). 

Sebelum adanya kolaborasi dengan Bank HSBC, baru-baru ini Grup Modalku mengakuisisi platform pembayaran digital regional CardUp. Proses akuisisi tersebut tinggal menunggu persetujuan regulator. Akuisisi dilakukan sebagai bagian dari serangkaian upaya untuk diversifikasi layanan di luar pinjaman. 

Pada Februari 2022, Grup Modalku juga memperoleh pendanaan ekuitas Seri C+ senilai US$144 Juta. Tidak hanya itu, Grup Modalku juga berinvestasi terhadap Bank Index di Indonesia, dan melakukan ekspansi pasar yang kelima di Vietnam.

Co-Founder & CEO Modalku Reynold Wijaya berharap dengan adanya wawasan baru dari HSBC, kapabilitas global dan serta pendekatan yang terukur.

“Ini makin melengkapi upaya Modalku untuk memajukan perkembangan bisnis UMKM yang memiliki keterbatasan dalam mendapatkan akses pendanaan,” kata Reynold. 

Sekadar informasi, Bisnis di Asia Tenggara didominasi oleh UMKM, dengan persentase sebesar 97 persen dengan nilai PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 40 persen di seluruh wilayah. 

Menurut pandangan dari YCP Solidiance, Indonesia memiliki pertumbuhan dan nilai ekonomi internet tertinggi dengan kontribusi PDB terbesar yang dihasilkan oleh UMKM sebesar 61 persen.  

Dengan adanya kerja sama ini, HSBC dapat memperluas pasar global melalui segmen UMKM berpotensi yang belum terlayani secara optimal di seluruh kawasan. 

Nantinya, HSBC akan berperan sebagai structuring bank, pendana, fasilitas dan agen keamanan dalam memberikan solusi pembiayaan yang fleksibel, terukur, dan semi-regional untuk mendukung ekspansi bisnis Grup Modalku di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper