Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pinjol Kredivo Gandeng Ramayana (RALS), Incar Kota Tier 2 dan 3

Pinjol Kredivo menggandeng Ramayana (RALS) untuk menyasar bisnis paylater di kota tier 2 dan tier 3 terutama segmen fashion.
Kredivo/Istimewa
Kredivo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan kredit digital untuk konsumen ritel alias pinjaman online (pinjol) Kredivo menjalin kerja sama dengan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. untuk memperluas akses layanan ke masyarakat Indonesia di kota tier 2 dan 3.

Dalam kerja sama ini Ramayana akan menyediakan produk paylater Kredivo di 101 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indina Andamari, VP Marketing Communications Kredivo memaparkan pihaknya optimis melalui kolaborasi ini dapat meraih momentum pertumbuhan sektor ritel di kota nonmetropolitan.

“Berkaca dari pengalaman kami melayani kebutuhan lebih dari 6 juta pengguna yang berada di berbagai belahan wilayah di Indonesia, kami percaya akan dampak besar yang bisa kami ciptakan melalui kolaborasi bersama Ramayana. Melalui jaringan kuat Ramayana di seluruh pulau di Indonesia, kami berharap upaya perluasan layanan kredit digital ini dapat mengakselerasi ekonomi daerah, khususnya geliat industri ritel fesyen di kota tier 2 dan 3," ujar Indina melalui siaran pers, Kamis (25/8/2022).

Temuan dari 'Unlocking The Next Wave of Digital Growth: Beyond Metropolitan Indonesia' Alpha JWC memprediksi bahwa kota tier 2 dan 3 akan menjadi penyumbang terbesar pendapatan per kapita pada 2030. Wilayah ini memberi kontribusi sebesar 49 perseb hingga 51 persen. 

Dia mengatakan, berdasarkan data internal dari Kredivo, pengguna pinjol paylater di area tier 2 dan 3 naik sebesar 52 persen pada semester I/2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dari pengguna paylater, pembelanjaan produk kategori fesyen menempati posisi pertama sebagai kategori produk dengan transaksi terbanyak di kalangan masyarakat kota tier 2 dan 3 dengan proporsi 20,1 persen, disusul produk makanan (18,3 persen) dan produk kesehatan (18,6 persen).

Alexander A. Tumbel, Head of Loyalty Program Merchant Acquisition Division Ramayana mengungkapkan, Ramayana terus memperkuat komitmen untuk menyediakan produk fesyenberkualitas dan selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan konsumen dan perubahan era.

"Walau dunia sudah makin online, pengalaman berbelanja offline harus terus memberikan pengalaman baru bagi konsumen. Dengan demikian, integrasi online dan offline jadi kunci, dan kami sebagai pemain terdepan di industri ritel Indonesia siap meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan dengan menyediakan lebih banyak pilihan pembayaran yang inovatif, seperti paylater. Kami optimistis dengan kerja sama kami dengan Kredivo dapat menjadi pendorong tumbuhnya industri ritel di Indonesia," tutur Alexander.

Setyadi Surya, Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) menyuarakan pendapatnya tentang potensi kolaborasi antara layanan keuangan digital dan ritel. Menurutnya, belanja offline akan terus memiliki peminatnya apalagi dengan adanya rasa kejenuhan bagi masyarakat yang selama ini berdiam diri di rumah.

Untuk tetap dapat mempertahankan konsumen, para pelaku ritel offline juga perlu berinovasi untuk memberikan kemudahan akses belanja, salah satunya melalui integrasi denganlayanan keuangan kredit digital yang semakin mudah, fleksibel, dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

"Dengan demikian, layanan keuangan digital dapat menguntungkan kedua pihak baik dari sisikonsumen maupun sisi ritel dalam proses jual beli dan keberlanjutan bisnis. Saya harap dengan kemitraan antara Kredivo dan Ramayana dapat menjadi bukti nyata bahwa kedua industri ini dapat saling mendukung terhadap potensi industri masing-masing, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional,” tutur Setyadi.

Adapun, Kredivo memberikan promo kepada pengguna baru Kredivo jika berbelanja di Ramayana, yaitu akan mendapatkan potongan langsung Rp50.000 tanpa minimal transaksi, periode promo hingga 31 Desember 2022. Selanjutnya, untuk pengguna lama Kredivo juga akan mendapatkan potongan langsung Rp50.000, dengan minimal transaksi Rp250.000, periode promo hingga 30 September 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper