Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos OJK Bertemu Menkominfo Bahas Pinjol Ilegal

OJK dan Kominfo akan terus berkoordinasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memastikan perlindungan konsumen berjalan dengan baik.
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol)/Samsung.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar dan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara mengadakan pertemuan dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Pertemuan yang berlangsung di Jakarta pada Jumat (26/8/2022) tersebut membahas beberapa hal di antaranya evaluasi penanganan pinjaman online (pinjol) ilegal, penyelenggaraan sistem elektronik, serta tata kelola data baik di dalam yurisdiksi nasional maupun cross-border.

Mahendra Siregar menjelaskan bahwa dalam pertemuan itu, OJK menyampaikan beberapa hal terkait dengan kebutuhan dan kepentingan secara teknis serta governance dari aspek keuangan.

“Jadi kami harapkan dapat sinkronisasi dengan perspektif desain arsitektur yang disampaikan oleh Menteri Kominfo sehingga diharapkan kerja sama ke depan semakin sinergis dan saling memperkuat.” Kata Mahendra dalam keterangannya, Sabtu (28/8/2022).

Mahendra menyampaikan bahwa Menkominfo dalam pertemuan itu menjelaskan perkembangan terkini serta strategi nasional untuk memperkuat sistem telekomunikasi dan informasi, dalam menjaga kedaulatan sekaligus ketahanan menghadapi ancaman siber di Indonesia.

Sementara itu, Menkominfo Johnny G. Plate menyatakan bahwa pada prinsipnya kerja sama antara OJK dan Kominfo, termasuk sistem di dalam ruang digital, telah berjalan dengan baik untuk semua aktivitas mikro prudensial keuangan dan perbankan

“Ini merupakan pekerjaan lintas sektor, otoritas di sektor jasa keuangan, penegakan hukum oleh aparat penegak hukum, dan bagaimana perlindungan serta ketahanan dari serangan siber,” kata Johnny.

Dia menambahkan OJK dan Kominfo akan terus berkoordinasi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memastikan perlindungan konsumen berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper