Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Riau Kepri (BRK) Konversi Bisnis, Askrindo Syariah Tangkap Penjaminan KUR

Bank Riau Kepri Syariah menunjuk Jamkrindo Syariah sebagai penjamin pinjaman lunak Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Karyawan melintas di depan logo PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar
Karyawan melintas di depan logo PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah, di Jakarta, Selasa (8/1/2019)./Bisnis-Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah menangkap peluang bisnis penjaminan kredit usaha rakyat (KUR) syariah PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri Syariah (Perseroda) atau Bank Riau Kepri (BRK) Syariah.

Direktur Pemasaran Askrindo Syariah Aviantono Yudihariadi menjelaskan, kerja sama ini merupakan pengembangan bisnis kedua perusahaan. Sebelum konversi, Askrindo Syariah telah melayani penjaminan KUR Bank Orang Riau ini melalui unit usaha syariahnya.

"Kami melihat adanya potensi yang cukup besar dari Bank Riau Kepri setelah dilakukannya konversi menjadi bank umum syariah [menjadi BRK Syariah], karena mereka adalah bank dengan captive market di daerahnya. Melihat portofolio dari Bank Riau Kepri Syariah cukup besar maka kami akan melakukan pengembangan kerjas ama untuk beberapa produk yang dapat saling menguntungkan kedua belah pihak," ujar Aviantono melalui siaran pers, Jumat (2/9/2022).

Aviantono juga mengatakan, guna meningkatkan angka penjaminan pembiayaan pada 2022 dan tahun mendatang, Askrindo Syariah terus gencar melakukan kerja sama dengan berbagai mitra bisnis yang strategis. "Kami terus meningkatkan perolehan nilai kafalah dan IJK [imbal jasa kafalah] di tahun ini dan ke depannya," jelasnya.

Hingga semester I/2022 ini, Askrindo Syariah telah melakukan penjaminan pembiayaan untuk produk KUR syariah dengan total nilai kafalah sebesar Rp6,2 triliun dari seluruh bank yang menyalurkan pembiayaan KUR syariah.

Sementara itu, Direktur Pembiayaan Bank Riau Kepri Syariah Tengkoe Irawan menuturkan, kesepakatan dengan Askrindo Syariah merupakan kerja sama penjaminan pembiayaan KUR syariah pertama yang dilakukan oleh peerusahaan setelah mengkonversi bisnis.

"Setelah dilakukannya konversi menjadi bank umum syariah, maka otomatis seluruh penjaminan yang dilakukan Bank Riau Kepri Syariah harus menggunakan penjaminan syariah, ini merupakan awal kita kerja sama dan ke depannya kami akan mengembangkan kerja sama penjaminan dengan beberapa produk lainnya," jelas Tengkoe.

Selain itu, Tengkoe mengungkapkan bahwa hingga semester I/2022 ini, Bank Riau Kepri Syariah sudah menyalurkan pembiayaan KUR dengan total Rp594 miliar dan hingga akhir 2022 ditargetkan dapat menyalurkan KUR hingga Rp1 triliun.

Askrindo Syariah dan Bank Riau Kepri Syariah secara besama-sama akan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau agar dapat terus berdaya saing sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian syariah nasional di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper