Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Aseana Insurance Jadi Pengendali Baru Asuransi ABDA

Aseana Insurance resmi jadi pengendali baru di Asuransi Bina Dana Arta (ABDA). Simak penjelasannya.
Logo PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA)./abdainsurance.co.id
Logo PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA)./abdainsurance.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA) mengumumkan bahwa Aseana Insurance Pte. Ltd telah menyelesaikan pengambilalihan 386,92 juta saham saham ABDA milik Mapfre Internacional SA.

Berdasarkan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) dikutip Jumat (2/9/2022), jumlah saham yang diakuisisi tersebut setara dengan 62,33 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan. Proses akuisisi diselesaikan pada 31 Agustus 2022.

Sebelum penyelesaian pembelian saham, Aseana memiliki 154,27 juta saham di perseroan yang merupakan 24,85 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan perseroan. Setelah penyelesaian pembelian saham, kepemilikan saham Aseana dalam perseroan menjadi 541,19 juta saham yang merupakan 87,18 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan.

"Dengan demikian, Aseana telah secara efektif menjadi pengendali perseroan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan OJK No.9/POJK.04/2018 tentang pengambilalihan perusahaan terbuka sejak tanggal penyelesaian," ujar Direktur Utama ABDA Herliniawaty Sutanto dalam surat pemberitahuannya kepada Otoritas Jasa Keuangan dikutip, Jumat (2/9/2022).

Herliniawaty mengatakan, pengambilalihan perseroan oleh Aseana tidak berdampak secara signifikan terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan, atau kelangsungan usaha perusahaan.

"Sesuai dengan tujuan pengambilalihan perseroan oleh Aseana, perseroan optimistis pengambilalihan ini memberikan dampak positif dalam pengembangan usaha perseroan," katanya.

Adapun, Aseana Insurance merupakan perusahaan berbasis di Singapura yang dimiliki dan didukung oleh funds yang dikelola Warburg Pincus LLC atau afiliasinya. Aseana melakukan kegiatan usaha berupa investasi di bidang asuransi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper