Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perusahaan Singapura Akuisisi Asuransi ABDA Rp885,67 Miliar

Perusahaan asal Singapura itu menyampaikan bahwa tujuan dari akuisisi atau pengambilalihan ABDA untuk membangun bisnis asuransi Aseana di Indonesia.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 02 September 2022  |  11:41 WIB
Perusahaan Singapura Akuisisi Asuransi ABDA Rp885,67 Miliar
Logo PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA). - abdainsurance.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan asuransi asal Singapura Aseana Insurance Pte. Ltd telah resmi menjadi pengendali baru PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. (ABDA), setelah mengakuisisi saham mayoritas perseroan milik Mapfre Internacional SA sebesar Rp885,67 miliar. 

Aseana mengumumkan bahwa pada 31 Agustus 2022 telah menyelesaikan pengambilalihan 386,92 juta saham saham ABDA milik Mapfre yang merupakan 62,33 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan. Total harga pembelian saham tersebut adalah US$59,5 juta dengan harga pembelian per saham adalah Rp2.289,27.

"Mengingat harga transaksi per saham pada sistem Bursa Efek Indonesia tidak dapat mengakomodir angka desimal, maka Aseana dan penjual telah sepakat untuk melakukan pembulatan atas harga pembelian per saham tersebut kepada Rp1 terdekat menjadi Rp2.289 dengan total pembelian saham sebesar Rp885,67 miliar," tulis manajemen Aseana dalam pengumumannya, dikutip Jumat (2/9/2022).

Perusahaan asal Singapura itu menyampaikan bahwa tujuan dari pengambilalihan ABDA adalah untuk membangun bisnis asuransi Aseana di Indonesia.

Sebelum penyelesaian pembelian saham, Aseana memiliki 154,27 juta saham di perseroan yang merupakan 24,85 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan perseroan. Setelah penyelesaian pembelian saham, kepemilikan saham Aseana dalam perseroan menjadi 541,19 juta saham yang merupakan 87,18 persen dari seluruh saham yang telah dikeluarkan oleh perseroan. Dengan demikian, Aseana telah secara efektif menjadi pengendali perseroan sejak tanggal penyelesaian.

"Sebagai pengendali baru perseroan, Aseana akan melaksanakan penawaran tender wajib dan mengumumkan informasi terkait dengan penawaran tender wajib sesuai dengan ketentuan POJK 9/2018," tulis manajemen Aseana.

Adapun, Aseana Insurance merupakan perusahaan berbasis di Singapura yang dimiliki dan didukung oleh funds yang dikelola Warburg Pincus LLC atau afiliasinya. Aseana melakukan kegiatan usaha berupa investasi di bidang asuransi. Aseana dimiliki 100 persen oleh Aseana Insurance Holdings Investment Pte. Ltd.

Dalam pengumuman terpisah, Mapfre Internacional SA menyampaikan bahwa selain menjual seluruh kepemilikannya di ABDA, perusahaan asuransi asal Spanyol itu juga menjual 51 persen sahamnya di PT Mapfre ABDA Assistance kepada Warburg Pincus LLC.

Pertimbangan akhir untuk transaksi 62,33 persen saham ABDA dan 51 persen saham Mapfre ABDA Assistance mencapai US$62,9 juta dolar, setara dengan sekitar €62,8 juta euro. Mapfre menyebut transaksi tersebut telah menghasilkan hasil bersih dari pajak sekitar €8,4 juta euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Aseana Insurance asuransi abda asuransi
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top