Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KoinWorks Luncurkan Fitur Baru Terkait Profil Risiko UMKM

Para UMKM dengan profil Grade S merupakan perusahaan khusus yang telah naik kelas setelah menjadi borrower KoinWorks.
Ilustrasi logo Koinworks. /Istimewa
Ilustrasi logo Koinworks. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Platform teknologi finansial pendanaan bersama (P2P lending) PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) meluncurkan fitur baru yang mengakomodasi pendanaan terhadap UMKM dengan profil risiko 'Grade S' atau Grade Special.

CEO dan Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono menjelaskan bahwa peluncuran inovasi terbaru ini merupakan salah satu cara pihaknya merayakan hari jadi yang ke-6, tepatnya pada 27 Agustus 2022 lalu.

"Setiap tahun kebutuhan UMKM selalu berubah. Selama 6 tahun beroperasi, challenge dan misi kami pun selalu menyesuaikan dan terus berjalan mengikuti kebutuhan UMKM. Jadi inovasi merupakan upaya kami mencoba terus relevan dengan mereka," ujarnya kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Adapun, fitur ini merupakan bagian dari produk personal KoinP2P, tempat mempertemukan para pendana (lender) dengan para UMKM selaku peminjam (borrower). Sebelumnya, KoinWorks hanya mengakomodasi profil risiko dari yang terendah ke yang tertinggi, yaitu E sampai A.

Ben menjelaskan bahwa para UMKM dengan profil 'Grade S' merupakan perusahaan khusus yang telah naik kelas setelah menjadi borrower KoinWorks, yaitu dalam menciptakan ekosistem usaha tersendiri yang terus meluas. 

Oleh sebab itu, para UMKM Grade S sudah seperti menjadi mitra KoinWorks untuk mengembangkan calon wirausaha baru berikutnya, bahkan secara lebih luas lagi, yaitu dalam hal penciptaan lapangan kerja buat masyarakat Indonesia.

Ekosistem para UMKM ini pun akan menjadi alat menyalurkan pendanaan Grade S kepada para pekerja sektor informal seperti sales, toko, atau pedagang grosir dalam rangka mengembangkan usaha dan meningkatkan kesejahteraan sosial para pelaku usaha di dalamnya.

"Buat para lender, lewat fitur Grade S ini KoinWorks menawarkan konsep 'Lower Risk, Bigger Impact'. Karena dengan risiko lebih rendah, lender juga mendapat added value, di mana setiap pendanaan terhadap Grade S berarti ikut memberikan dampak sosial yang lebih besar bagi ekosistem UMKM di Indonesia," tambahnya.

Terkini, KoinWorks telah menyalurkan fasilitas pinjaman mencapai Rp13 triliun sejak berdiri lewat 8 produk keuangan inovatif yang memberikan layanan manajemen UMKM, pengembangan finansial pribadi, pinjaman pendidikan, juga produk salary advance.

Terkhusus sepanjang semester I/2022, penyaluran pinjaman KoinWorks menyentuh Rp4,5 triliun, tumbuh mencapai 150 persen (year-on-year/yoy) ketimbang capaian periode yang sama tahun lalu senilai Rp1,8 triliun.

Chief Marketing Officer KoinWorks Grace Hong menjelaskan selain meluncurkan fitur baru, HUT ke-6 ini juga akan dimeriahkan lewat kampanye terbaru bertajuk 'Satu Klik untuk Wujudkan Impian'.

KoinWorks siap membantu seluruh pengguna dan masyarakat mencapai target keuangan mereka untuk mewujudkan impian finansial, baik dalam usaha maupun pribadi.

Misalnya, cita-cita untuk mendirikan cafe, cita-cita untuk mendapatkan jaminan kesehatan, dana pensiun, dana pendidikan untuk anak-anak di masa depan, atau mengembangkan keterampilan dalam berbisnis. Semua bisa diwujudkan dengan satu klik di aplikasi KoinWorks.

"KoinWorks mendorong para pengguna untuk mengejar apa yang mereka inginkan dengan menyediakan tools untuk mendapatkannya. Kami memahami bahwa membuat keputusan keuangan dapat terasa berat bagi kebanyakan orang. Itulah sebabnya kami terus berinovasi untuk mendukung individu dalam mencapai tujuan mereka untuk kesejahteraan finansial," ujarnya dalam keterangan resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper