Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cek Bunga dan Biaya Pinjol di 5 Platform P2P Lending Populer

Bunga pinjol yang ditawarkan platform p2p lending populer bervariasi antara 0,3 persen per hari hingga 24 persen per tahun.
Aziz Rahardyan
Aziz Rahardyan - Bisnis.com 07 September 2022  |  12:52 WIB
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol) - Samsung.com
Ilustrasi P2P lending atau pinjaman online (pinjol) - Samsung.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Industri teknologi finansial atau fintech pendanaan bersama alias peer-to-peer (P2P) lending saat ini berjumlah 102 pemain. Beberapa di antaranya akrab di kalangan masyarakat dengan sebutan pinjaman online (pinjol).

Penasaran dengan besaran bunga dan biaya administrasi yang dikenakan para platform?

Berikut lima platform pinjol atau P2P lending berizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang terbilang populer:

KrediFazz

Nama KrediFazz (PT FinAccel Digital Indonesia) mungkin tak sepopuler sister company-nya, Kredivo. Namun, para pengguna layanan bayar tunda (paylater) besutan Grup FinAccel ini sudah pasti paham bahwa layanan dana tunai dalam aplikasi Kredivo merupakan hasil kerja sama dengan KrediFazz.

Oleh sebab itu, Kredivo yang saat ini berlisensi perusahaan pembiayaan (multifinance) lewat PT FinAccel Finance Indonesia bisa diposisikan sebagai penyedia paylater murni oleh grup. Sementara itu, fasilitas dana tunai dipercayakan secara penuh kepada lini bisnis P2P lending.

Berdasarkan laman resmi KrediFazz, pengguna akan dikenakan bunga sebesar 9 persen per bulan atau 0,3 persen per hari, selama sanggup melunasi pembayaran dalam 61 hari. Sementara itu, biaya layanan mencapai 6 persen dari total nilai pinjaman tunai. 

KrediFazz tidak mengenakan biaya apapun saat pendaftaran maupun biaya tahunan. Namun, keterlambatan pembayaran cicilan akan dikenakan bunga keterlambatan 0,5 persen per hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

KoinWorks

Beralih ke pemain P2P lending yang memberikan pinjaman dana tunai khusus kepada para pelaku UMKM perorangan maupun badan usaha, PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks), memiliki kebijakan pengenaan bunga secara bulanan.

Para pelaku UMKM yang memanfaatkan layanan KoinBisnis KoinWorks akan dikenakan bunga 0,75 persen sampai 1,67 persen per bulan, biaya persetujuan kredit 2 persen sampai 4 persen, dan biaya administrasi.

Pengenaan biaya-biaya tergantung profil risiko peminjam. KoinWorks hanya akan membebankan biaya ini setelah pinjaman dicairkan, serta tidak ada biaya tambahan apabila peminjam melakukan pelunasan lebih awal.

Adapun untuk produk invoice financing lewat produk KoinInvoice, peminjam bisa mendapatkan fresh cash sampai 80 persen dari total invoice. Ketika invoice piutang sudah dilunasi, sisa dana 20 persen akan dikembalikan kepada peminjam setelah dikurangi biaya bunga.

KoinWorks juga mengenakan bunga untuk produk KoinInvoice mulai 0,75 persen sampai 1,67 persen per bulan, biaya persetujuan kredit 2 persen sampai 4 persen, biaya asuransi 0,24 persen, dan biaya administrasi.

1 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pinjol P2P lending fintech
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top