Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kejar Modal Inti, Bank Capital (BACA) Rights Issue Incar Dana Rp1,99 Triliun

Bank Capital akan menerbitkan 19,9 miliar saham atau setara dengan 72,14 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh.
Bank Capital. /Istimewa
Bank Capital. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Capital Indonesia Tbk. (BACAakan menerbitkan sebanyak-banyaknya 19,9 miliar saham dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu IV (PMHMETD IV) atau rights issue dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Manajemen Bank Capital menyampaikan nilai itu setara dengan 72,14 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh. Adapun, perseroan mematok harga pelaksanaan rights issue sebesar Rp100 per sahamsehingga seluruhnya bernilai sebanyak-banyaknya Rp1,99 triliun. 

Nantinya, dana yang diperoleh akan digunakan untuk seluruhnya untuk ekspansi usaha dengan menambah modal kerja untuk meningkatkan nilai aktiva produktif berupa kredit yang diberikan, surat berharga, penempatan pada bank lain, penempatan pada Bank Indonesia, dan aktiva produktif lainnya.

Hingga Juni 2022, modal inti (tier 1) yang dimiliki Bank Capital sebesar Rp1,9 triliun, naik 28,42 persen secara tahunan (year-on-year/yoy). 

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (15/9/2022), setiap pemegang 100 saham lama BACA yang namanya tercatat pada daftar pemegang saham (DPS), berhak atas 259 saham baru. 

Adapun, PT Capital Global Investama (CG Investama) sebagai pemegang saham utama dengan jumlah kepemilikan saham sebanyak 2,02 miliar sahamberhak atas 5,25 miliar HMETD. Lebih lanjut, CG Investama akan melaksanakan sebagian haknya, yaitu sebanyak 3 miliar HMETD atau setara dengan Rp300 miliar. 

Tidak terdapat pihak yang akan bertindak sebagai pembeli siaga atau calon pengendali PMHMETD IV ini,” jelas manajemen Bank Capital. 

Untuk diketahui, emiten bersandi saham BACA itu telah mendapatkan persetujuan dari rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 25 Juli 2022. Saat ini, perseroan tengah menunggu tanggal efektif pernyataan pendaftaran yang dijadwalkan pada 12 Oktober 2022. 

Sementara itu, Bank Capital menjadwalkan periode cum HMETD di pasar reguler dan pasar negosiasi jatuh pada 19 Oktober 2022 dan ex HMETD pada 20 Oktober 2022. Sedangkan di pasar tunai, untuk cum HMETD dijadwalkan pada 24 Oktober 2022 dan ex HMETD pada 25 Oktober 2022.

Dengan demikian, periode perdagangan rights issue Bank Capital akan berlangsung pada 26 Oktober–2 November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper