Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fitch Ratings Tingkatkan Peringkat KreditPlus jadi AAA (idn)

Kenaikan peringkat Kreditplus oleh Fitch Ratings disebabkan oleh peningkatan profil kredit perusahaan induk perusahaan.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Fitch Ratings Indonesia (Fitch Ratings) telah meningkatkan peringkat nasional jangka panjang PT KB Finansia Multi Finance alias KreditPlus menjadi AAA( idn) dari sebelumnya AA+ (idn), dengan outlook stabil.

"Kenaikan peringkat oleh Fitch Ratings disebabkan oleh peningkatan profil kredit perusahaan induk perusahaan, KB Kookmin Card Co., Ltd., yang memiliki 80 persen saham perusahaan dan perusahaan induk utama, yakni KB Financial Group Inc, sebagai jangkar peringkatnya," tulis Direktur Utama KreditPlus Yap Tjay Hing dalam pemberitahuannya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia, dikutip Minggu (18/9/2022).

Dia melanjutkan bahwa kinerja operasi grup yang berbasis di Korea Selatan tersebut, telah menguat dan menjadi lebih selaras dengan Kookmin Bank, bank operasi utama grup tersebut.

Selain itu, peringkat Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 sejumlah Rp1 triliun dengan jangka waktu 1 tahun dan 3 tahun juga telah ditingkatkan menjadi AAA (idn) dari AA+(idn).

Berdasarkan catatan Bisnis, Obligasi I KB Finansia Multi Finance Tahun 2022 terdiri atas dua seri. Seri A ditawarkan dengan tingkat bunga tetap sebesar 4,7 persen per tahun, berjangka waktu 370 hari sejak tanggal emisi. Jumlah pokok obligasi Seri A yang ditawarkan adalah sebesar Rp686,38 miliar. Pembayaran pokok obligasi secara penuh dilakukan pada tanggal jatuh tempo obligasi, yaitu 2 Agustus 2023.

Untuk obligasi Seri B memiliki tingkat bunga tetap sebesar 7,4 persen per tahun dengan tenor 3 tahun sejak tanggal emisi. Jumlah pokok obligasi Seri B yang ditawarkan adalah sebesar Rp313,61 miliar. Pembayaran pokoknya secara penuh dilakukan pada tanggal jatuh tempo obligasi, yakni 22 Juli 2025.

Adapun, peringkat nasional AAA menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Fitch dalam skala peringkat nasional untuk negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang paling rendah dibandingkan dengan semua emiten atau obligasi lain di negara atau serikat moneter yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper