Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Resesi di Depan Mata, Waspada Kredit Bermasalah Perbankan!

Saat resesi global, inflasi akan meninggi. Bagi sektor perbankan, ini dikhawatirkan akan menambah kredit bermasalah.
Ilustrasi kredit bermasalah atau non performing loan (NPL)/Freepik
Ilustrasi kredit bermasalah atau non performing loan (NPL)/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA — Resesi global diperkirakan akan terjadi pada tahun depan. Pengamat menilai bahwa perbankan mesti berhati-hati menjaga kinerja rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL) hingga menyiapkan pencadangan yang besar.

Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengatakan tahun depan akan menjadi tahun yang berat, tidak hanya bagi perbankan tapi pelaku ekonomi secara keseluruhan.

Saat resesi global, inflasi akan meninggi. Bagi sektor perbankan, ini dikhawatirkan akan membawa masalah pada kualitas kredit.

"Bagaimanapun bank mesti hati-hati di tengah terpaan resesi, NPL akan tinggi, bank juga harus siapkan CKPN [Cadangan Kerugian Penurunan Nilai] yang besar," ujarnya kepada Bisnis pada Selasa (25/10/2022).

Apalagi menurutnya restrukturisasi keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan berhenti pada Maret 2022. Menurutnya, bagi bank pada kategori besar, kecukupan pencadangan masih aman. Namun, untuk kategori menengah dan kecil, dia bisa kena dampak signifikan kalau terjadi resesi global 2023. 

Pengamat Ekonomi Perbankan dari Binus University Doddy Ariefianto juga mengingatkan agar perbankan menyiapkan pencadangan yang cukup.

"Permodalan juga mesti disiapkan, kemudian dijaga likuiditasnya. Akan sangat mungkin terjadi tekanan-tekanan nilai tukar dan likuiditas saat resesi global. Upaya-upaya ini dilakukan dengan risk manajemen kredit," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan BCA sudah meramalkan resesi secara global akan terjadi pada 2023.

Inflasi diperkirakan meninggi, diikuti dengan melemahnya nilai tukar rupiah. Kondisi ini membuat biaya produksi, khususnya untuk bahan baku impor, meningkat.

“Kondisi-kondisi ini menyebabkan production cost pasti meningkat bagi para nasabah kami yang produsen,” ujarnya dalam konferensi pers paparan kinerja kuartal III/2022 BCA, beberapa waktu lalu.

Meski demikian, Jahja menyatakan perkiraan naiknya biaya produksi tidak serta-merta ditransformasikan pada harga jual mengingat daya beli masyarakat belum terlalu memadai bagi individu yang selama ini bekerja.

“Ini menyebabkan produsen tidak semena-mena bisa menaikkan harga begitu mudah. Apakah sedikit-sedikit dinaikkan atau ada yang belum berani menaikkan, tetapi ada juga yang mengubah ukuran packaging untuk mengompensasi kenaikan biaya. Itu yang bisa terjadi,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Nasional Indonesia Tbk. (BBNI) Royke Tumilaar juga mengatakan bahwa meskipun tren perlambatan ekonomi global cukup mengkhawatirkan, perekonomian Indonesia diperkirakan relatif stabil lantaran didukung bauran kebijakan fiskal dan moneter yang efektif untuk menjaga stabilitas.

Menurutnya, indikator kestabilan eksternal ekonomi Indonesia terus membaik, terutama dari cadangan devisa yang kuat serta tingkat eksposur utang luar negeri yang rendah.

“Tentu kami perlu mewaspadai potensi meningkatnya risiko yang akan dihadapi oleh perekonomian dan perbankan Indonesia ke depan. Untuk itu, perseroan mengambil langkah proaktif untuk menjaga profitabilitas dapat sustain dalam jangka panjang,” ujarnya dalam konferensi pers paparan kinerja kuartal III/2022, Senin (24/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper