Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Blak-blakkan Manajemen Reasuransi Nasre Soal RBC Negatif dan Rating Turun

Nasional Re tengah menjalankan rencana penyehatan keuangan seiring dengan peringkat Fitch Rating yang menurun.
Nabil Syarifudin Al Faruq
Nabil Syarifudin Al Faruq - Bisnis.com 18 November 2022  |  18:05 WIB
Blak-blakkan Manajemen Reasuransi Nasre Soal RBC Negatif dan Rating Turun
Gedung reasuransi Nasional Re (Nasre). - Source: Nasre
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re/Nasre) tengah berupaya menyehatkan kondisi keuangan. Hal ini menyusul pengumuman Fitch Rating yang menurunkan peringkat perusahaan dari sebelumnya BB- menjadi CC.

Corporate Secretary Reasuransi Nasional Indonesia Ignatius Nugroho mengatakan, Nasional Re sedang menjalankan rencana penyehatan keuangan dengan memperbaiki proses bisnis dan pengelolaan risiko. Dia mengatakan kondisi saat ini menjadi momentum bagi perusahaan untuk meninjau proses bisnis reasuransi dengan melibatkan pihak Asuradur bersama-sama melakukan improvement risiko dan struktur penempatan reasuransi ke Reasuradur.

“Tentunya semua proses tersebut dilakukan atas koordinasi dengan mitra bisnis kami, agar ke depan ada perbaikan pengelolaan risiko sehingga Bersama-sama pula akan menghasilkan surplus underwriting,” ujar Ignatius kepada Bisnis, Jumat (18/11).

Di saat bersamaan, Nasional Re juga melakukan pembenahan proses administrasi penerimaan risiko, penanganan klaim, serta penyelesaian hutang piutang yang umurnya sudah lama.

Dengan upaya-upaya tersebut maka kondisi keuangan perusahaan diyakini akan segera sehat kembali. Hingga November 2022, Nasional Re sudah mencatatkan laba unaudited tahun 2022 yang cukup signifikan yang dikontribusi dari pengelolaan underwriting, hasil investasi dan pengelolaan biaya yang cukup konservatif.

Menanggapi peringkat yang diberikan oleh Fitch Rating, Ignatius mengatakan, Nasional Re menjalankan kewajibannya sesuai kondisi perjanjian reasuransi yang telah disepakati bersama oleh Reasuradur dan Asuradur, termasuk dalam hal ada perubahan atau penyesuaian terhadap perjanian reasuransi tersebut juga atas kesepakatan kedua belah pihak.

Ignatius menambahkan, yang dilakukan oleh Nasional Re adalah penyesuaian perhitungan cadangan teknis dalam rangka memastikan terpenuhinya kewajiban jangka panjang. Di saat yang sama juga melakukan perbaikan proses bisnis dan teknis pengelolaan risiko.

“Hal tersebut menyebabkan peningkatan kewajiban dan penurunan profilability saat ini. Namun dampak dari perbaikan yang dilakukan tersebut akan memberikan penguatan atas kewajiban jangka panjang ke depan,” ujar dia.

Sebagai informasi, Fitch Rating telah mengumumkan menurunkan peringkat Insurer Financial Strength (IFS) PT Reasuransi Nasional Indonesia (Nasional Re/Nasre) menjadi CC. Peringkat ini turun dari BB-. Saat yang sama, Fitch Rating Indonesia juga menurunkan peringkat IFS Nasre dari A(idn) menjadi CC(idn). 

Penurunan peringkat Nasre oleh Fitch disebabkan ekuitas yang negatif dan tata kelola yang lemah. Ekuitas perusahaan disebutkan mengalami negatif Rp112 miliar per akhir September 2022, berdasarkan laporan keuangan yang diterbitkan Oktober 2022. Fitch juga menyoroti tata kelola, terutama tidak konsistennya laporan keuangan yang diaudit dengan tidak diaudit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Nasional Re reasuransi
Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top