Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Home Credit Raih Pembiayaan Rp275 Miliar dari Citi Indonesia, Buat Apa?

Citi Indonesia menggelontorkan pembiayaan sosial kepada Home Credit senilai Rp275 miliar.
Direktur Home Credit Indonesia Volker Giebitz/Istimewa
Direktur Home Credit Indonesia Volker Giebitz/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Citibank N.A., Indonesia atau Citi Indonesia menggelontorkan pembiayaan sosial kepada Home Credit senilai Rp275 miliar. Fasilitas ini bertujuan mendorong inklusi keuangan masyarakat lewat pembelian perangkat digital.

Dana tersebut nantinya akan mendukung 44.600 orang untuk membeli perangkat digital dasar, seperti ponsel pintar dan tablet. Setengah dari jumlah tersebut diperuntukkan bagi perempuan.

Chief Executive Officer Citi Indonesia Batara Sianturi mengatakan bahwa dengan perangkat digital ini, pengguna diharapkan dapat terhubung ke internet dan mampu mengakses layanan seperti pendidikan daring, layanan perbankan, serta literasi keuangan.

“Fasilitas inovatif ini membantu memfasilitasi kelompok masyarakat yang tertinggal untuk dapat memperoleh perangkat digital dasar sehingga mereka dapat mengakses layanan keuangan yang mendasar,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/12/2022).

Di sisi lain, Batara juga menyampaikan bahwa transaksi itu juga akan berkontribusi pada komitmen Citi untuk keuangan berkelanjutan yang mencapai US$1 triliun pada 2030.

Fasilitas yang digelontorkan Citi dan Home Credit merupakan bagian dari pinjaman sosial dan masuk dalam kualifikasi “S” di dalam kerangka lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG).

Head of Global Subsidiaries Group Citi Indonesia Wit Oemar menambahkan inisiatif ini turut mendukung kriteria keuangan sosial Citi untuk inklusi ekonomi, yakni meningkatkan akses ke fasilitas kredit dan layanan keuangan di komunitas rentan atau tertinggal.

Sementara itu, Direktur Home CreditIndonesia Volker Giebitz menyatakan pembiayaan ini secara khusus ditujukan bagi pelanggan perempuan, yang jumlahnya mencapai 48 persen, dari total pelanggan Home Credit dengan kontrak aktif per 30 November 2022.

“Ini sejalan dengan upaya peningkatan inklusi dan literasi keuangan bagi perempuan yang masing-masing mencapai 83,88 persen dan 50,33 persen, di mana tingkat inklusi masih 2,4 persen di bawah laki-laki, menurut data Otoritas Jasa Keuanganpada 2022,” kata Volker.  

Menurutnya, fasilitas pembiayaan dari Citi Indonesia tersebut juga akan memperkuat kapasitas Home Credit untuk menyalurkan pembiayaan dengan cepat, transparan dan ada di mana saja untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara terencana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper