Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Kesehatan Milik Astra Capai 800.000 Nasabah

Asuransi Astra melayani jaminan kesehatan melalui Garda Medika yang memiliki skema bisnis B2B.
Karyawan menjelaskan produk Garda Medika. /Asuransi Astra
Karyawan menjelaskan produk Garda Medika. /Asuransi Astra

Bisnis.com, JAKARTA — PT Asuransi Astra hingga November 2022 mencatatkan jumlah nasabah dari produk asuransi kesehatan yakni Garda Medika mencapai 800.000 nasabah. Capaian ini merupakan hasil perusahaan dalam melakukan sinergi dengan berbagai pihak.

Head of PR & Marcomm Asuransi Astra Laurentius Iwan Pranoto mengatakan Garda Medika juga dilengkapi dengan jaringan provider lebih dari 3.000 rumah sakit, klinik, apotek, dan dental di seluruh Indonesia.

“Pencapaian ini merupakan hasil sinergi yang telah terjalin antara Garda Medika dengan seluruh providernya,” ujar Laurentius kepada Bisnis, Minggu (25/12/2022).

Laurentius menyampaikan bahwa Garda Medika adalah asuransi kesehatan korporasi business to business (B2B).

Sebagai informasi, untuk memperkuat layanannya, asuransi kesehatan Astra melalui lini Garda Medika telah memperkuat layanan dalam Garda Mobile Medcare dengan menambah jangkauan kerjasama melalui e-appointment dengan menggandeng kelompok rumah sakit Mitra Keluarga Group (MIKA). 

Di sisi lain, Asuransi Astra juga terus berupaya untuk memperkuat bisnisnya melalui tiga segmen bisnis utama, yakni asuransi ritel, asuransi komersial, dan asuransi kesehatan.

Laurentius menyampaikan, pada segmen bisnis ritel, melalui produk asuransi kendaraan bermotor unggulannya yang dikenal dengan nama Garda Oto, Asuransi Astra konsisten mempertahankan posisinya sebagai pemegang pangsa pasar terbesar pada asuransi kendaraan bermotor.

Pada segmen bisnis komersial, Asuransi Astra fokus dalam mengelola portfolio yang sehat. Berbeda dengan segmen ritel yang memiliki pelanggan perorangan, segmen komersial difokuskan untuk pelanggan-pelanggan korporasi.

Mengingat pelanggan korporasi yang membutuhkan cakupan produk asuransi lebih luas, segmen komersial membutuhkan pemahaman perasuransian yang lebih kompleks dibandingkan dengan segmen retail. Oleh karena itu, sumber daya manusia menjadi kunci utama untuk mengembangkan bisnis komersial.

“Adapun untuk segmen ritel, kami akan melahirkan inovasi-inovasi produk baru lainnya seperti Garda Me, Garda Edu, Garda Home, dan Garda Trip yang telah dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan kemudahan dan memberikan rasa nyaman kepada pelanggan,” ujar Laurentius.

Lebih lanjut, Laurentius menyebutkan bahwa segmen bisnis kesehatan memiliki keunikan tersendiri dari segi bisnis model. Secara akuisisi, segmen ini menyerupai segmen komersial karena akuisisi dilakukan dengan korporasi. Namun secara klaim, segmen ini menyerupai segmen retail, karena langsung dilakukan oleh member atau karyawan secara perorangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper