Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Videi Lepas Sebagian Saham Maipark, Ini Kata Dirut Kocu

Dengan pelepasan saham Maipark oleh Asuransi Videi tidak berdampak ke struktur ekuitas perusahaan namun terjadi perubahan komposisi kepemilikan.
Penandatanganan akta jual beli saham Maipark dari Asuransi Umum Videi./Istimewa
Penandatanganan akta jual beli saham Maipark dari Asuransi Umum Videi./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Reasuransi Maipark Indonesia (Maipark) memfasilitasi penjualan sebagian saham PT Asuransi Umum Videi di perusahaan kepada PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. (TUGU) dan PT. Asuransi Artarindo. Transaksi itu dilakukan pada Selasa (3/1/2023).

Direktur Utama Maipark Kocu Andre Hutagalung mengungkapkan penjualan saham yang dilakukan ini merupakan bentuk keinginan dari Asuransi Videi sebagai salah satu pemegang saham perusahaan.

"Penjualan saham ini adalah follow up dari keinginan Asuransi Videi sebagai salah satu pemegang saham Maipark," kata Kocu kepada Bisnis, Rabu (4/1/2023).

Dia mengatakan, transaksi ini dilakukan antar pemegang saham, sehingga tidak berdampak kepada penambahan modal di Maipark. "Karena tidak ada penerbitan saham baru maka tidak ada manfaat khusus dari penjualan ini selain perubahan komposisi saham pemegang saham," katanya menambahkan. 

Sekretaris Perusahaan & Kepala Grup Kepatuhan Maipark Giki Ridho Arudya menambahkan bahwa dengan adanya penjualan sebagian saham Asuransi Videi yang ada di Maipark, maka embuat saham Videi menjadi berkurang.

Maipark mulanya adalah perusahaan asuransi umum. Maipark merupakan singkatan dari Maskapai Asuransi Indonesia (MAI) dan Perusahaan Asuransi Risiko Khusus (PARK). MAI merupakan perusahaan asuransi umum yang ijin pendiriannya dibeli oleh 32 pemegang saham pendiri pada tanggal 23 Desember 2003 melalui rapat umum pemegang saham. Pada 2014, perusahaan kemudian mengubah bisnisnya menjadi reasuransi. Dalam perkembangannya, per 7 Juni 2022, terdapat 80 pemegang saham Maipark. 

Rincian 10 pemegang saham terbesar sebelum akuisisi adalah Asuransi Tugu 13,57 persen, Asuransi Astra (6,51 persen), Asuransi Central Asia (6,24 persen), Asuransi Jasa Indonesia (5.54 persen), Asuransi Sinar Mas (4,09 persen), Asuransi Wahana Tata (2,98 persen), Sompo Insurance Indonesia (2,13 persen), AIG Insurance Indonesia (2,10 persen), dan 71 asuransi umum lainnya (36,94 persen). 

Asuransi Videi sendiri sebelum melepas kepemilikannya menggenggam 0,6 pesen saham Maipark atau setara 2.791 lembar saham. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper