Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Waspada WA Atas Nama BPJS Kesehatan yang Bisa Retas m-Banking

Masyarakat yang memiliki BPJS Kesehatan wajib waspada, mengingat maraknya peretasan data melalui HP yang bisa mencuri informasi m-banking.
Modus penipuan melalui pesan Whatsapp yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan
Modus penipuan melalui pesan Whatsapp yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi masyarakat yang terdaftar sebagai BPJS Kesehatan harus berhati-hati karena muncul modus penipuan melalui whatsapp (WA) chat yang melampirkan file.apk untuk meretas m-banking.

Dilansir dari Instagram @jakartainformasi, Senin (30/1/2023), muncul informasi dalam WA Chat yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan dan memberikan peringatan terkait tunggakan iuran peserta mandiri. Namun, sebenarnya file.apk ini adalah modus untuk meretas HP dan aplikasi mobile banking.

"Jika Bapak/Ibu mendapat WA Chat seperti contoh berikut; atau chat lainnya yg menyertakan lampiran berupa (file.apk) mohon tidak membuka lampiran tersebut karena merupakan salah satu modus kejahatan untuk meretas HP Bapak/Ibu.. tetap Waspada….Terima Kasih," dikutip dari Instagram.

Akun @jakartainformasi juga menyampaikan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah menambahkan lampiran apapun dalam WA Chat pengingat tunggakan iuran peserta Mandiri. 

Menanggapi hal ini, netizen juga ikut repost konten terkait penipuan yang menggunakan file.apk. Netizen juga menyalahkan adanya kebocoran data dan nomor telepon yang dilakukan seharusnya dijaga oleh lembaga perbankan.

vegad**

Gilaaaaa makin parah ini sii ???? berawal dulu modus kirim paket buka link, modus undangan pernikahan buka link, sekarang modus tagihan BPJS buka link. EDAN !!!!

ch4n**4

Inilah akibatnya kebocoran data nomor dimana2, penipuan by wa, telpon dari pihak bank yg ga jelas nawarin asuransi dan kartu kredit. Kasian yang sudah tua dan ga tau apa2 dan pengguna ponsel...

sukam**tri

Seperti nya orang yg sama.. pihak pemerintah kudu gerak cepat si kayak gini mah.. jangan dibiarkan.

una_**hraa

Gila, makin kesini modusnya makin canggih aja

na**ah

Ko lama² meresahkan bgt ya. Kenapa orang pintar di indo malah jadi begitu, pintar menipu. Niat bgt nipunya.

dho***84

Seharusnya semua pihak bank menambah pengamanan dengan adanya modus seprti ini..agar masyarakat aman...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper