Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kinerja Asuransi Syariah Positif di 2022, Bagaimana Potensinya Tahun Ini?

Kinerja asuransi syariah tercatat mengalami pertumbuhan yang terlihat dari total aset yang mencapai Rp45,02 triliun pada Desember 2022.
Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia/AASI
Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia/AASI

Paul menyampaikan bahwa Prudential Syariah melakukan sinergi dan integrasi untuk memastikan perkembangan ekosistem keuangan syariah melalui inovasi dan digitalisasi, kolaborasi, serta penguatan dan harmonisasi ekosistem.

Menurut Paul, dengan bertambahnya jumlah masyarakat kelas menengah menandakan bahwa masih banyak peluang agar asuransi syariah dapat menembus pasar asuransi jiwa di Indonesia. Kendati demikian, asuransi jiwa syariah masih diadang tantangan berupa literasi, sumber daya manusia (SDM), hingga ekosistem pendukung.

Paul menuturkan bahwa tingkat literasi asuransi syariah di Indonesia hanya mencapai 3,99 persen atau jauh lebih kecil dari tingkat literasi asuransi pada umumnya, demikian data Survei Nasional Literasi Keuangan (SNLIK) 2019. 

Jika melihat secara keseluruhan, OJK menyampaikan bahwa indeks literasi keuangan syariah untuk masyarakat Indonesia meningkat dari 8,93 persen pada 2019 menjadi 9,14 persen di posisi 2022. Sementara itu, tingkat inklusi keuangan syariah juga menunjukkan peningkatan menjadi 12,12 persen pada 2022, dari sebelumnya hanya berada di angka 9,1 persen pada periode survei 2019.

Tantangan lainnya di industri asuransi syariah adalah program edukasi keuangan syariah yang tersedia belum sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan industri, serta kompetensi SDM yang harus distandarisasi agar lebih memahami industri asuransi jiwa syariah.

“Masih terbatasnya regulasi dan fatwa mengenai keragaman produk asuransi syariah juga menjadi tantangan di industri asuransi syariah untuk berkembang,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper