Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalin Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Transaksi Lebaran 2023

PT Jalin Pembayaran Nusantara telah menyiapkan strategi seiring dengan prediksi adanya lonjakan transaksi pada Lebaran 2023.
Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara  Ario Tejo Bayu Aji. / Dok. Istimewa
Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara Ario Tejo Bayu Aji. / Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jalin Pembayaran Nusantara telah menyiapkan strategi seiring dengan prediksi adanya lonjakan hingga 105 juta transaksi pada periode 14 hari menjelang dan usai Lebaran 2023.

Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji mengatakan lonjakan transaksi tersebut akan terjadi pada jaringan LINK melalui kanal ATM, debit, mobile banking dan QRIS. Angka tersebut bakal naik hingga 7 persen dibandingkan dengan jumlah transaksi Maret 2023.

Dia memprediksi puncak kenaikan transaksi akan terjadi jelang cuti bersama 19 April 2023. Hal tersebut disebabkan pemenuhan kebutuhan masyarakat untuk mudik, penerimaan THR, hingga pembayaran zakat.

“Kami bersiaga mempersiapkan sistem infrastruktur pengelolaan jaringan LINK di berbagai channel pembayarandengan menjaga performansi operasional yang sesuai dengan Service Level Agreement (SLA)," ujarnya dalam siaran pers, Jumat (7/4/2023).

Dia menuturkan volume transaksi melalui kanal QRIS selama RAFI 2023 diproyeksi mengalami kenaikan pertumbuhan paling signifikan hingga lebih dari 700 persen (YoY) atau mencapai 43 juta transaksi.

Jalin, lanjutnya, juga telah memperketat kualitas operasional dan keamanannya melalui Posko RAFI 24/7 dalam mengantisipasi lonjakan transaksi tersebut.

Dia menjelaskan Posko RAFI 24/7 yang disiapkan merupakan aktivitas rutin yang selalu Jalin adakan setiap tahunnya dalam rangka memberikan kualitas sistem dan layanan yang optimal kepada 39 member bank dan non bank yang tergabung dalam jaringan LINK.

Hal ini didukung dengan aktivitas monitoring transaksi harian, ketersediaan helpdesk, meningkatkan respons notifikasi alert, hingga menjaga threshold minimum procedure jika terjadi problem dengan lebih ketat.

Lanjutnya, Jalin turut melakukan berbagai persiapan managed service ATM untuk menjaga kelancaran dan kenyaman transaksi melalui mesin ATM saat mudik lebaran.

Sejumlah persiapan tersebut antara lain melakukan preventive maintenance di ATM jalur mudik, memastikan kecukupan coverage teknisi di berbagai area apabila terjadi gangguan, serta menjaga performansi managed service ATM kelolaan Jalin dan member secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper