Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Punya Aset Rp63 Triliun CIMB Niaga Optimalkan Pertumbuhan Bisnis Syariah

PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan pertumbuhan bisnis perbankan syariah melalui unit usaha CIMB Niaga Syariah.
Aktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (2/11/2022).  /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Aktivitas di salah satu cabang Bank CIMB Niaga di Jakarta, Rabu (2/11/2022). /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, SEMARANG — PT Bank CIMB Niaga Tbk. (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan pertumbuhan bisnis perbankan syariah melalui Unit Usaha Syariah/UUS (CIMB Niaga Syariah) untuk melayani masyarakat dari semua segmen.

Adapun, Per 31 Desember 2022, CIMB Niaga Syariah berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia dengan aset mencapai Rp63 triliun atau tumbuh 6,26% secara Year On Year (Y-o-Y).

Pertumbuhan aset tersebut selaras dengan penyaluran pembiayaan yang meningkat 33,4% YoY menjadi Rp49,3 triliun (termasuk pembiayaan Salam). Kenaikan pembiayaan berasal dari seluruh segmen, utamanya dikontribusi oleh segmen Konsumer dan Korporasi.

Sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp39,5 triliun dengan rasio Current Account Saving Account (CASA) yang baik pada level 51,25%. Dengan kinerja tersebut, sepanjang 2022 CIMB Niaga Syariah membukukan perolehan laba sebelum pajak sebesar Rp1,5 triliun.

Head of Sharia Consumer CIMB Niaga Bung Aldilla menyatakan, raihan positif tersebut merupakan hasil dari penerapan strategi yang tepat, di antaranya Dual Banking Leverage Model (DBLM) dan program Syariah First.

Dengan model bisnis DBLM, CIMB Niaga Syariah dapat memanfaatkan talenta dan infrastruktur bank induk untuk menghadirkan produk dan layanan perbankan syariah yang berkualitas secara efisien. Adapun Syariah First yaitu program yang memprioritaskan penawaran produk syariah kepada semua calon nasabah CIMB Niaga.

“Kami berterima kasih kepada seluruh stakeholders atas dukungan yang diberikan, sehingga CIMB Niaga Syariah dapat mencapai kinerja menggembirakan pada 2022. Strategi kami dalam menyalurkan pembiayaan ke seluruh segmen secara selektif pada sektor-sektor ekonomi yang resilien dan memiliki potensi pertumbuhan berjalan dengan baik,” kata Bung Aldilla, Jumat (14/4/2023).

Sementara itu, untuk melayani kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, CIMB Niaga Syariah akan terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan yang relevan. Terbaru, CIMB Niaga Syariah meluncurkan KPR Xtra Manfaat iB.

"Fasilitas pembiayaan KPR yang dapat dihubungkan dengan 9 rekening tabungan CIMB Niaga dan memberikan benefit berupa angsuran lebih ringan atau lunas lebih cepat. Menariknya, tabungan yang dihubungkan tetap bebas digunakan [dana tidak ditahan]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ibad Durrohman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper