Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Segera Spin Off UUS, Bank Sinarmas (BSIM) Ubah Anggaran Dasar dan Rombak Pengurus

Bank Sinarmas (BSIM) akan melakukan pemisahan atau spin off unit usaha syariah (UUS) menjadi BUS dengan nama Bank Nano Syariah.
Bank Sinarmas/Bisnis.com
Bank Sinarmas/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Sinarmas Tbk. (BSIM) akan melakukan pemisahan atau spin off unit usaha syariah (UUS) Bank Sinarmas menjadi bank umum syariah (BUS) bernama PT Bank Nano Syariah. Seiring dengan langkah spin off ini, Bank Sinarmas mengubah anggaran dasar serta merombak jajaran kepengurusan.

Langkah Bank Sinarmas itu telah disepakati dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar pada Selasa (27/6/2023). "Menyetujui perubahan anggaran dasar perseroan efektif setelah berlakunya izin usaha BUS hasil pemisahan UUS yang diterbitkan oleh OJK," tulis Manajemen Bank Sinarmas dalam keterbukaan informasi pada Rabu (28/6/2023).

Lebih lanjut, RUPST menyepakati perubahan Pasal 3 dalam anggaran dasar perseroan tentang maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan dengan memperhatikan implementasi Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020. Bank Sinarmas juga menghapus Pasal 20 dalam anggaran dasar tentang Dewan Pengawas Syariah.

RUPST Bank Sinarmas juga telah memutuskan adanya perombakan jajaran kepengurusan seiring dengan spin off UUS. Bank Sinarmas menyetujui pemberhentian dengan hormat Hanafi Himawan dari jabatan Direktur Bank Sinarmas berlaku efektif setelah berlakunya izin usaha BUS hasil pemisahaan UUS yang diterbitkan oleh OJK dan mengacu kepada hasil penilaian kemampuan serta kepatutan yang dilakukan oleh OJK.

Emiten bank berkode BSIM kemudian mengangkat Enny Kamal dan Sendy sebagai Direktur Bank Sinarmas baru dan terhitung efektif setelah mendapatkan persetujuan dari OJK.

Kemudian, BSIM menegaskan kembali susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris setelah berlakunya izin usaha BUS hasil pemisahaan UUS yang diterbitkan oleh OJK sebagai berikut:

Dewan Direksi

Direktur Utama: Frenky Tirtowijoyo

Direktur: Miko Andidjaja

Direktur: Ekajaya Ongny Putra

Direktur: Enny Kamal

Direktur: Sendy

Dewan Komisaris

Komisaris Utama: Tjendrawati Widjaja

Komisaris Independen: Sammy Kristamuljana

Komisaris Independen: Rusmin

Adapun, pengangkatan Enny Kamal dan Sendy sebagai Direktur Bank Sinarmas terhitung efektif setelah mendapatkan persetujuan dari OJK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper