Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendapatan Premi MSIG Life (LIFE) Turun Tipis Imbas Premi Tunggal Semester I/2023

MSIG Life mencatatkan penurunan pendapatan premi pada semester I/2023 sebesar 0,9 persen secara tahunan.
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life)/Google
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life)/Google

Bisnis.com, JAKARTA— PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. atau Asuransi Sinarmas MSIG Life mencatatkan penurunan pendapatan premi pada semester I/2023. Pendapatan premi perusahaan asuransi tersebut mencapai Rp1,26 triliun per Juni 2023 atau turun 0,9 persen secara tahunan.  

Pada semester I/2022, Asuransi Sinarmas MSIG Life memperoleh pendapatan premi Rp1,28 triliun

Head of Customer and Marketing Lukman Auliadi mengatakan bahwa penurunan 0,9 persen tersebut terjadi lantaran turunnya pencapaian premi untuk produk premi tunggal. 

“Namun perlu digarisbawahi bahwa penurunan ini sejalan dengan rencana perusahaan untuk meningkatkan kualitas bisnis Perusahaan dalam jangka panjang dengan lebih berfokus kepada produk premi regular dibandingkan premi tunggal,” kata Lukman kepada Bisnis, Sabtu (19/8/2023). 

Lukman menambahkan hal tersebut dapat dilihat dari pendapatan premi untuk produk premi reguler yang mengalami peningkatan sebesar 28,6 persen untuk konvensional dan syariah. Di sisi lain, total klaim dan manfaat konvensional perusahaan mencapai Rp1,3 Triliun.

Emiten berkode LIFE tersebut sebelumnya diberitakan telah memutuskan untuk membagikan dividen tunai senilai Rp371,7 miliar kepada para pemegang saham untuk tahun buku 2022. 

Pembagian dividen itu merujuk pada hasil keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dihelat pada Selasa (27/6/2023) di Jakarta. 

Mengutip keterbukaan informasi pada Senin (3/7/2023), dividen tunai yang dibagikan LIFE sebesar Rp177 per saham yang berasal dari laba bersih 2022 dan akumulasi sisa laba tahun sebelumnya akan dibagikan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham. 

Adapun sepanjang 2022, Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG membukukan laba tahun berjalan senilai Rp367,77 miliar. Laba yang dikantongi emiten asuransi bersandi saham LIFE itu melesat hingga 398,2 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya hanya meraup Rp73,82 miliar. 

Selain membagikan dividen, RUPST Sinarmas MSIG Life juga menetapkan senilai Rp4,5 miliar dari sisa laba bersih 2022 yang belum dibagikan dan belum ditentukan penggunaannya sebagai tambahan cadangan umum LIFE. 

Selanjutnya, dividen tunai LIFE untuk tahun buku 2022 akan dibayarkan untuk setiap saham yang dikeluarkan oleh perusahaan yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) pada tanggal pencatatan (recording date) yang akan ditetapkan pada 12 Juli 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper