Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jejak Grup Sinarmas di MSIG Life: Divestasi Lewat IPO, Kini Resmi Berubah Nama

Pergantian nama PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk menjadi PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk. (LIFE) dilakukan pada pekan lalu (27/6).
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) sebelum perubahan/Google
Logo PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (Sinarmas MSIG Life) sebelum perubahan/Google

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten asuransi PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE) resmi berubah nama menjadi PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk. Hal tersebut berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa yang digelar pada Selasa, (27/6/2023). 

“Menyetujui perubahan nama perusahaan yang semula bernama PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk menjadi PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk,” tulis manajemen perusahaan dikutip dari keterbukaan informasi, Senin (3/6/2023). 

Dalam rapat yang dihadiri 80 persen pemegang saham ini, RUPS juga menyetujui perubahan logo perusahaan serta penyesuaian logo baru dalam seluruh dokumen internal maupun eksternal perusahaan, termasuk melakukan keterbukaan informasi, menyampaikan pelaporan kepada regulator terkait, serta menginformasikan perubahan logo perusahaan kepada para pemangku kepentingan. 

Dengan besaran peserta yang hadir ini, maka PT Sinar Mas Multhiartha  Tbk. (SMMA) sebagai pemegang saham terbesar kedua yakni 12,5 persen tidak menghadiri rapat perubahan nama dan logo perusahaan ini. 

Untuk diketahui, pemegang saham SMMA adalah Mitsui Sumitomo Insurance Co. Ltd (80 persen), dan SMMA (12,5 persen). Sementara sisa sahamnya dipegang publik sekitar 7,5 persen. 

Tidak hanya itu, alamat kantor juga berubah yang semula berkedudukan di Wisma Eka Jiwa Lantai 8-9, Jalan Mangga Dua Raya, Jakarta Pusat 10730. Kini beralamat di Sinarmas MSIG Tower Lantai 6. Jalan Jenderal Sudirman Kav 21, Jakarta Selatan 12920. 

Jejak Sinarmas di MSIG Life

LIFE mulanya merupakan asuransi jiwa dengan nama PT Asuransi Jiwa Purnamala International Indonesia yang didirikan pada 1984. Perusahaan ini kemudian mengalami beberapa kali perubahan nama. Mitsui dan SMMA masuk menjadi pemegang saham pada 2011 dengan kepemilikan sama besar yakni 50 persen. 

Perusahaan patungan ini kemudian IPO di Bursa Efek Indonesia pada 2019. Saat itu, IPO menjadi jalan divestasi bagi Sinar Mas Multhiartha. Dengan harga pelaksanaan Rp12.100, perusahaan melepas 37,5 persen saham ke publik. 

Aksi divestasi ini tidak mendatangkan tambahan modal ke perusahaan. Mitsui menyerap sebagian besar saham perusahaan sehingga kepemilikan perusahaan menjadi seperti saat ini. Mitusi 80 persen dan Sinar Mas Multiartha dengan 12,5 persen. 

Sedangkan dari saham publik, anak usaha SMMA yakni Asuransi Simas Jiwa sempat menggenggam kepemilikan saham perusahaan hingga 5,06 persen pada Mei 2021, untuk kemudian tidak terpantau karena kembali di bawah 5 persen.

Susunan Direksi MSIG Life

Para pemegang saham dalam RUPSLB 2023 ini menyetujui susunan anggota Direksi, Dewan Komisaris, Dewan Pengawas Syariah perusahaan sebagai berikut:

Direksi MSIG Life

  • Presiden Direktur: Wianto
  • Wakil Presiden Direktur: Satoshi Shiratani
  • Direktur: Herman Sulistyo
  • Direktur: Tomoyuki Monden
  • Direktur: Andrew Bain
  • Direktur: Ken Terada

Dewan Komisaris

  • Presiden Komisaris: Indra Widjaja
  • Komisaris: Toshinari Tokoi
  • Komisaris: Hideaki Nomura Komisaris Independen: Ardhayadi Mitroatmodjo Komisaris Independen: Sidharta Akmam
  • Komisaris Independen: Nazly Parlindungan Siregar

Dewan Pengawas Syariah

  • Ketua: Endy Muhammad Astiwara 
  • Anggota: Ahmadi Sukarno

Pembagian Dividen MSIG Life 101 Persen Laba

Perusahaan juga mengumumkan pembagian dividen tunai senilai Rp371,7 miliar kepada para pemegang saham untuk tahun buku 2022. Dividen tunai yang dibagikan LIFE sebesar Rp177 per saham berasal dari laba bersih 2022 dan akumulasi sisa laba tahun sebelumnya akan dibagikan sebagai dividen tunai kepada para pemegang saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper