Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI (BBNI) Telah Kucurkan Pinjaman Rp29 Triliun untuk UMKM Berorientasi Ekspor

BNI telah menyalurkan kredit Rp29 triliun hingga semester I/2023 untuk UMKM melalui BNI Xpora.
Tampilan mobile banking BNI. Dok www.bni.co.id
Tampilan mobile banking BNI. Dok www.bni.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) gencar menyasar pasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang berorientasi ekspor melalui program BNI Xpora. Total, BNI telah menyalurkan kredit Rp29 triliun hingga semester I/2023 untuk program tersebut.

Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan kredit program BNI Xpora ini disalurkan untuk pelaku UMKM sektor manufaktur sebanyak 53 persen, agrikultur sebanyak 21 persen, dan sektor lainnya.

Sementara itu, jumlah debitur BNI Xpora yang telah bergabung mencapai lebih dari 27.000. Selain itu, total dana murah atau current account savings account (CASA) yang diperoleh melalui BNI Xpora sampai dengan Juni 2023 sudah mencapai Rp4,1 triliun. 

Putrama mengatakan upaya peningkatan kinerja BNI Xpora tahun ini tergolong positif. Banyak pelaku UMKM yang semakin percaya diri untuk naik kelas dan melakukan eksplorasi pasar hingga ke luar negeri.

"Kami sangat bersykur BNI Xpora semakin efektif dalam membantu pertumbuhan kinerja UMKM go global. Semoga semakin banyak UMKM yang memahai potensinya sehingga mampu bersaing di kacah internasional,” ujar Putrama dalam keterangan tertulis pada Senin (21/8/2023).

BNI pun kian gencar menggenjot program tersebut. Putrama menjelaskan bahwa perseroan memiliki rencana kerja BNI Xpora sampai dengan 2024. Pada bulan ini, BNI menjalankan sosialisasi terkait on boarding menuju ekspor terhadap 15.000 pelaku UMKM.

Kemudian pada akhir tahun ini, akan dilaksanakan program akselerasi di mana pelaku UMKM tersebut akan mengalami kurasi menjadi 7.700 dan akan memasuki Xpora School.

Sebagaimana diketahui, program BNI Xpora merupakan solusi digital yang dikembangkan oleh BNI dan ditujukan untuk pelaku UKM yang ingin meningkatkan kapasitas bisnis. Program ini menawarkan beragam layanan digital yang bisa digunakan oleh pelaku UKM dari berbagai tingkatan, mulai dari yang masih merintis hingga yang siap memperluas pasar.

BNI menggabungkan ekosistem diaspora dengan UMKM binaan di dalam negeri untuk dapat lebih cepat merespons potensi pertumbuhan di luar negeri. Dengan jaringan yang sampai di 7 negara, BNI secara proaktif menyelenggarakan berbagai business matching agar UMKM bisa memiliki pengetahuan sekaligus informasi lengkap terkait kesempatan ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper