Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Sebut Fintech Punya Peran Penting Usai Pandemi Covid-19

Pemerintah menyebut salah satu peran fintech dalam kehidupan sosial adalah membantu penyaluran bantuan sosial nontunai.
Ilustrasi fintech. /Freepik
Ilustrasi fintech. /Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengungkapkan layanan finansial teknologi (fintech) kini berperan penting dalam setiap kehidupan sosial setelah pandemi Covid-19 berakhir di Indonesia.

Staf Ahli Menteri Keuangan bidang Kebijakan Jasa Keuangan dan Pasar Modal, Arief Wibisono menilai bahwa untuk sektor publik, pemerintah kini sudah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan fintech untuk menyalurkan program bantuan sosial non tunai.

"Seperti kartu prakerja dan bantuan sosial lainnya untuk UMKM," tuturnya di sela-sela acara Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2023 di Jakarta, Kamis (24/8).

Selain itu, kata Arief, penjualan obligasi pemerintah (SBN) secara online juga telah dilakukan melalui mitra fintech. Menurut Arief, jumlah investor ritel online juga tumbuh signifikan karena kerja sama yang dilakukan antara investor kecil dan mitra distribusi fintech.

"Upaya pemerintah dan industri keuangan untuk meningkatkan inklusi keuangan lewat fintech ini sangat penting, terutama menjangkau kelompok rentan yang masih terpinggirkan dari sistem keuangan," katanya.

Dia juga membeberkan bahwa perusahaan fintech telah banyak membantu dalam kehidupan sosial masyarakat selama covid-19 karena meminimalisir transaksi keuangan melalui kontak fisik.

"Bahkan, pada tahun 2021 lalu, 18 persen orang dewasa di negara berkembang membayar tagihan listrik langsung dari rekening mereka dan sepertiga dari mereka melakukan hal ini pertama kali sejak pandemi Covid-19," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper