Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Populasi Jepang Susut, Saikyo Bank Gandeng Bank JTrust (BCIC) Masuki Pasar RI

Saikyo Bank memasuki pasar global melalui kerja sama dengan bank JTrust, salah satunya karena populasi Jepang yang terus menyusut berdampak pada ekonomi.
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Bank J Trust Indonesia Tbk. (BCIC) di Jakarta, Rabu (13/7/2022). Bisnis/Suselo Jati
Karyawati melayani nasabah di salah satu kantor cabang PT Bank J Trust Indonesia Tbk. (BCIC) di Jakarta, Rabu (13/7/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank J Trust Indonesia Tbk. (BCIC) bekerja sama dengan The Saikyo Bank, Ltd. (Saikyo Bank) bank asal kota Shunan, Prefektur Yamaguchi, Jepang.

Adapun, kerja sama ini dilakukan untuk menghubungkan pelaku usaha Jepang dengan pelaku usaha di Indonesia sehingga dapat membantu pengembangan usaha di kedua negara tersebut.

Direktur Utama The Saikyo Bank, Ltd. Ken Matsuoka berterus terang bahwa Jepang secara terus menerus mengalami penyusutan ekonomi akibat rendahnya angka kelahiran dan menurunnya populasi penduduk. 

"Pergeseran demografis ini kemungkinan besar mempunyai implikasi sosial dan ekonomi yang besar, termasuk melambatnya pertumbuhan ekonomi. Hal ini mendorong Saikyo Bank untuk memasuki pasar global melalui kerja sama dengan Bank JTrust," ucapnya dalam Konferensi Pers, Selasa (10/10/2023)

Oleh karena itu, pihaknya menyambut pun memutuskan untuk bekerja sama dengan Bank JTrust dalam membantu mitra bisnis The Saikyo Bank, Ltd. berekspansi ke Indonesia. 

Bahkan, menurutnya Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi terbesar untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar domestik lebih dari itu diperkirakan akan menyalip Jepang dalam GDP pada 2050. 

"Alasan memilih bank JTrust, karena kerja sama ini sebenarnya sudah terjalin selama 10 tahun lamanya, dan kami memilih melanjutkan kerja sama ini dengan J Trust," ungkap Matsuoka pada Bisnis usai agenda Konferensi Pers.

Lalu, kala disinggung potensi dari kerja sama ini, dia menyebut masih terus mempelajari. Akan tetapi, dalam waktu dekat, Matsuoka mengatakan bukan tak mungkin pihaknya akan memperkenalkan 50 perusahaan asal Jepang untuk bisa datang ke Indonesia.

“Cakupannya [company] lumayan banyak. Sebenarnya banyak sekali investor dan pengusaha Jepang yang tertarik di bidang housing, atau me-manage usaha di Indonesia, atau misalnya hal-hal yang terkait dengan pabrik,” ujarnya. 

Di sisi lain, Direktur Utama J Trust Bank Ritsuo Fukadai menyampaikan kerja sama ini juga didasari lantaran J Trust Bank dan Saikyo Bank Co., Ltd., menyadari potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Indonesia dikarenakan jumlah penduduk yang besar dan meningkatnya jumlah masyarakat berpendapatan menengah.

“Kolaborasi ini memiliki kesamaan spirit yaitu untuk memperluas peluang bisnis dan meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha dan masyarakat Indonesia, melalui integrasi keahlian perbankan berstandar Jepang,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Jakarta, Selasa (10/10/2023).

Lebih lanjut, selain mendukung pengembangan bisnis, Ritsuo menyebut kerja sama antara J Trust Bank dan Saikyo Bank dilakukan untuk memberikan solusi terhadap berbagai tantangan bisnis di tingkat global terkait kebutuhan permodalan dan sistem layanan transaksi keuangan. 

Hal ini pun diamini oleh Direktur Bisnis JTrust Bank Widjaja Hendra yang menyampaikan pihaknya akan terus mendalami keunggulan Saikyo Bank yang dapat membantu J Trust Bank dalam memperbaiki layanan kepada pelanggan.

Apalagi, saat ini bank JTrust tengah berfokus pada bisnis konsumer seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan employee benefit program.

“Di luar itu kita akan fokus ke SME, ini yang akan kita coba kolaborasi dari sistem teknologi. Jadi, arahnya bukan bank digital ya, tapi proses loan [pinjaman] di mana nasabah bisa mendapatkan kepastian dan kecepatan dalam hal proses maupun persetujuan dan dokumen yang lebih fleksibel,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper