Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jalan Menanjak Kredit Konsumer KPR sampai Kredit Mobil saat Suku Bunga BI Naik

Suku bunga BI naik 25 basis poin ke level 6%, bankir dan pengamat menyatakan proyeksi mengenai kredit konsumer bank, yang dikhawatirkan melambat.
Ilustrasi KPR/ Bisnis Paulus Tandi Bone
Ilustrasi KPR/ Bisnis Paulus Tandi Bone

Siasat Bank Jaga Laju Kredit Konsumer

Selain mengandalkan insentif, bank-bank menjaga laju kredit konsumer dengan menjalankan berbagai strategi. "Strategi Bank Oke terkait kredit konsumer adalah dengan melakukan promo dan bekerja sama dengan berbagai ekosistem, seperti P2P [peer to peer] lending, loan agency, dan lainnya," ujar Efdinal.

Sebelumnya, bank-bank juga rajin menggelar program promosi. CIMB Niaga misalnya memacu kredit konsumer, khususnya dari bisnis kartu kredit tahun ini melalui strategi program promo.

Emiten bank berkode BNGA itu berkerja sama dengan Cathay Pacific Airways Limited menggelar pameran wisata Cathay Pacific Travel Fair 2023 pada Agustus 2023 dengan menawarkan sejumlah promo bagi pemilik kartu kreditnya.

Nasabah yang memiliki kartu kredit CIMB Niaga bisa mendapatkan beragam promo perjalanan wisata di antaranya voucer diskon hingga Rp6,8 juta berupa cashback, cicilan 0% sampai 12 bulan, dan lainnya.

PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) pun gencar mendongkrak kredit konsumer mereka, diantaranya melalui strategi promo. Bank Danamon telah menggelar program promo DXPO by Danamon guna memperingati hari jadi ke-67 perseroan.

Dalam gelaran program tersebut, Bank Danamon menggaet ekosistem induknya yakni Mitsubishi UFJ Financial Group Inc. (MUFG) dan anak usahanya PT Adira Finance.

Bank Danamon pun menebar sejumlah promo dalam program tersebut di antaranya promo angsuran KPR setara bunga mulai 1,67% tetap 1 tahun. Ada juga promo bunga atau margin kredit pemilikan mobil (KPM) 2,67% tenor 2 tahun.

BCA juga telah menggelar event bernama BCA Expo 2023 pada kuartal III/2023. Pada acara tersebut, BCA menawarkan sejumlah promo di antaranya suku bunga KPR spesial mulai dari 2,75% fix 1 tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper