Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danamon (BDMN) Bicara Potensi Cuan usai Akuisisi Bisnis Ritel Standard Chartered

Bank Danamon Indonesia (BDMN) optimistis pertumbuhan portofolio segmen consumer-nya bakal melonjak usai caplok bisnis Standart Chartered Bank Indonesia.
Nasabah beraktivitas di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Nasabah beraktivitas di salah satu cabang Bank Danamon di Jakarta, Selasa (22/2/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN) optimistis pertumbuhan portofolio pinjaman pada segmen consumer-nya bakal melonjak usai mengakuisisi bisnis konsumer Standart Chartered Bank Indonesia (SCBI)

  Wakil Direktur Utama Bank Danamon Indonesia Hafid Hadeli menyebut SCBI sendiri memiliki portofolio konsumer yang kuat, sehingga akuisisi ini diharapkan akan semakin mempercepat pertumbuhan portofolio pinjaman pada segmen consumer BDMN.

“Tentunya ini bakal melanjutkan momentum pertumbuhan yang menggembirakan dari segmen ini sebesar 31% secara tahunan pada paparan kinerja Danamon kuartal ketiga tahun 2023,” katanya pada Bisnis, Minggu (26/11/2023).

Sayangnya, Hafid tak menyebut lebih lanjut soal angka pasti portofolio yang akan diakuisisi. Akan tetapi, dia menyebut sejalan dengan proyeksi pertumbuhan Indonesia yang optimistis. Danamon berencana untuk terus melanjutkan lintasan pertumbuhan (growth trajectory) organik di setiap lini bisnis, baik itu konsumer, SME, Korporasi dan Adira.

“Kami pun akan terus membuka peluang pertumbuhan inorganik yang sesuai dengan appetite dan strategi kami,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan melalui berbagai strategi ekspansi bisnis ini, pihaknya berharap dapat memperluas basis nasabah Danamon dengan mengoptimalkan sejumlah investasi, seperti transformasi kantor cabang, perbankan digital, dan kapabilitas lainnya.

“Hal ini bertujuan untuk melayani lebih banyak nasabah dan memenuhi kebutuhan finansial mereka, sekaligus menciptakan nilai lebih bagi pemegang saham kami,” imbuh Hafid.

Sebelumnya, Bank Danamon sendiri membocorkan bahwa pihaknya tengah menyiapkan penyelesaian proses akuisisi bisnis konsumer Standart Chartered Bank Indonesia (SCBI) 

“Masih progres, di bulan Desember kami eksekusinya, sebelum akhir tahun,” ujar Hafid saat ditemui di sela acara Adira Festival, Bekasi, Jawa Barat pada beberapa waktu lalu. 

Hafid mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik aksi akuisisi tersebut sehingga nasabah baru dapat menikmati akses ke ekosistem dan kapabilitas seluruh grup Danamon.

Adapun, SCBI pertama kali mengumumkan perjanjian pengalihan sejumlah portofolio kredit kepada Danamon pada April 2023.

Cluster Chief Executive Officer Indonesia and Asean Markets Standard Chartered Andrew Chia sempat menyebut bahwa penjualan lini bisnis konsumer SCBI itu merupakan bagian dari pembaruan strategi perusahaan pada 2021. 

Strategi tersebut memungkinkan perusahaan untuk fokus pada penyediaan produk wealth management dan deposito yang inovatif kepada nasabah prioritas.  

Selain itu, langkah itu juga mempercepat agenda digitalisasi untuk melayani nasabah mass retail, dan terus mengembangkan bisnis corporate, commercial and institutional banking (CCIB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper