Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirut BRI Sunarso Raih The Most Committed CEO Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023

TOP BUMN Awards 2023 merupakan acara yang digelar Bisnis Indonesia Group sebagai bentuk apresiasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
Direktur Utama BRI Sunarso. /BRI
Direktur Utama BRI Sunarso. /BRI

Bisnis.com, JAKARTA — Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) Sunarso meraih penghargaan di Bisnis Indonesia TOP BUMN Awards 2023 yakni special award sebagai The Most Committed Chief Executive Officer State-Owned Enterprises In Driving Technological Change.

TOP BUMN Awards 2023 merupakan acara yang digelar Bisnis Indonesia Group sebagai bentuk apresiasi kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun ini, gelaran TOP BUMN Awards mengambil tajuk Competitiveness, Innovation, and Prosperity.

Para penerima penghargaan dinilai berdasarkan kinerja, gagasan, inovasi, serta transformasi bisnis perusahaan, di tengah situasi ekonomi global dan domestik yang dinamis.

Sunarso berkiprah di BRI sejak ditunjuk dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) BRI pada 2019. Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama BRI, Sunarso sudah cukup lama malang-melintang di dunia perbankan, terutama pelat merah.

Pada Mei 2010, dia ditunjuk sebagai Direktur Commercial & Business Banking PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Jabatan tersebut dia pegang hingga Maret 2015.

Setelah itu, Sunarso menjabat sebagai Wakil Direktur BRI hingga Oktober 2017. Lalu, dia ditunjuk untuk menduduki kursi Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) hingga Oktober 2017.

Sunarso kemudian kembali ke jajaran direksi BBRI setelah dipilih menjadi Wakil Direktur Utama bank pelat merah tersebut untuk kedua kalinya pada Januari 2019.

Pria kelahiran Pasuruan 7 November 1963 merupakan lulusan Sarjana Agronomi Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah itu, Sunarso melanjutkan studinya ke jenjang S2 dengan gelar Magister Administrasi Bisnis di Universitas Indonesia.

Seiring dengan kepemimpinan Sunarso, BRI telah mencatatkan kinerja moncer. Hingga kuartal III/2023, BRI telah meraih laba bersih konsolidasi Rp44,21 triliun pada kuartal III/2023. Capaian laba ini melonjak 12,47% secara tahunan (year on year/yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp38,31 triliun.  

Dari sisi intermediasi, BRI telah menyalurkan kredit sebesar Rp1.184,68 triliun pada kuartal III/2023, naik 12,32% yoy dari yang sebelumnya Rp1.054,72. Aset bank milik pemerintah ini pun naik 9,93% persen yoy menjadi Rp1.851,96 triliun dibanding sebelumnya Rp1.684,60 triliun.

Sementara itu, dari sisi pendanaan, BRI tercatat mendapatkan dana pihak ketiga (DPK) Rp1.290,29 triliun pada kuartal III/2023, naik 13,21% yoy.

Dana murah atau current account savings account (CASA) BRI naik 10,11% persen menjadi Rp821,14 triliun pada kuartal III/2023 dibanding periode yang sama tahun lalu yaitu Rp745,73 triliun pada kuartal III/2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper