Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ambisi Naik Kelas, Bank Woori Saudara (SDRA) Bakal Right Issue 6,4 Miliar Saham

Bank Woori Saudara (SDRA) berencana untuk melakukan penambahan modal melalui right issue sebanyak 6,4 miliar saham.
Logo Bank Woori Saudara/bankwoorisaudara.com
Logo Bank Woori Saudara/bankwoorisaudara.com

Bisnis.com, JAKARTA — PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) akan menggelar right issue sebanyak 6,4 miliar lembar saham sebagai upaya mempercepat proses naik kelas, masuk kelompok bank dengan modal inti (KBMI) III atau kelompok bank kelas kedua.

Berdasarkan keterbukaan informasi, Bank Woori Saudara berencana untuk melakukan penambahan modal dengan memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) atau right issue sebanyak 6,4 miliar saham dengan nilai nominal Rp 100 per lembar saham.

Saham baru yang akan diterbitkan sebagai hasil pelaksanaan PMHMETD IV, seluruhnya adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan.

Adapun, pelaksanaan right issue itu membutuhkan persetujuan dari para pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 10 Januari 2024. Manajemen Bank Woori Saudara menjelaskan bahwa tujuan right issue adalah untuk naik kelas.

"Rencana penambahan modal akan berdampak positif terhadap kondisi keuangan perseroan, khususnya dalam hal memperkuat struktur permodalan sehingga dapat mempercepat perseroan untuk menjadi bank kategori KBMI III," tulis Manajemen Bank Woori Saudara di keterbukaan informasi pada Selasa (5/12/2023).

Sebagaima diketahui, saat ini Bank Woori Saudara masih masuk ke dalam kategori KBMI II atau bank dengan modal inti Rp6 triliun hingga Rp14 triliun. Tercatat, modal inti Bank Woori Saudara per September 2023 mencapai Rp8,36 triliun. 

Sementara, KBMI III merupakan kategori bank dengan modal inti Rp14 triliun sampai Rp70 triliun. Apabila Bank Woori Saudara masuk KBMI III, maka akan selevel dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) hingga PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS).

Adapun, Bank Woori Saudara telah meraup laba bersih Rp528,3 Miliar pada kuartal III/2023, turun 15,41% secara tahunan (year on year/yoy), dibandingkan laba bersih pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp624,54 miliar.

Akan tetapi, Bank Woori Saudara berhasil meningkatkan penyaluran kredit 10,22% yoy menjadi Rp43,08 triliun pada kuartal III/2023. Aset bank juga tumbuh 10,05% menjadi Rp53,92 triliun

Bank Woori Saudara telah meraup dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp29,72 triliun pada kuartal III/2023, naik 11,41% yoy. Namun, dana murah atau current account saving account (CASA) SDRA susut 11,41% menjadi Rp8,43 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper