Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BTN Kolaborasi dengan Mandiri Capital, Incar Startup Sektor Properti

Bank Tabungan Negara menggandeng Mandiri Capital Indonesia untuk membentuk BTN Fund yang berfungsi memberi injeksi modal kepada startup sektor properti.
Ilustrasi startup sektor properti./Pixabay-StartupStockPhotos
Ilustrasi startup sektor properti./Pixabay-StartupStockPhotos

Bisnis.com, JAKARTA— PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (Bank BTN) dan PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk membentuk BTN Fund. Nantinya, kolaborasi kedua perusahaan akan menyasar perusahaan rintisan bidang properti untuk diinjeksi dan mendorong lahirnya terobosan.

Direktur Risk Management Bank BTN Setiyo Wibowo mengungkap bahwa kolaborasi tersebut merupakan langkah strategis untuk memperkuat ekosistem perumahan berbasis digital. Kerja sama juga untuk memperkuat posisi Bank BTN di industri perbankan, sekaligus menjadi bagian dari ekosistem yang lebih inovatif. 

“Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan MCI dan para startup yang berpotensi membantu transformasi Bank BTN menjadi lembaga yang lebih progresif dan modern,” kata Setiyo di Kantor Pusat BTN, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2023). 

Setiyo menerangkan BTN Fund tersebut dirancang untuk berinvestasi pada startup yang beroperasi di sektor yang sejalan dengan kebutuhan bisnis perusahaan. Sektor yang diincar seperti proptech, mortgage tech, embedded finance, construction tech, open finance, SaaS dan sektor-sektor strategis lainnya. 

“Produk dan layanan yang dihasilkan oleh startup dapat diintegrasikan untuk mendukung bisnis Bank BTN, baik dari sisi transaksi, channel penjualan, hingga percepatan proses bisnis,” ungkapnya. 

BTN Fund diharapkan tidak hanya menjadi dana kelolaan, melainkan juga memiliki peran penting dalam mendorong percepatan digital di ekosistem Bank BTN dan ekosistem digital Indonesia pada umumnya. Setiyo menambahkan untuk saat ini pihaknya juga tengah menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

“Mudah-mudahan [perizinan] enggak lama dan tahun depan fund ini akan efektif dan kami bisa mulia melakukan investment dan bisnis collaboration,” ungkapnya. 

Dennis Pratistha, Direktur Investasi MCI mengatakan pihaknya pun optimistis, BTN Fund akan menjadi enabler yang mengundang para inovator dan startup dalam penyediaan layanan solutif, hal ini diharapkan menjadi katalisator dalam membangun ekosistem teknologi digital, khususnya pada ekosistem bisnis Bank BTN.

“Kehadiran BTN Fund merupakan perwujudan dari komitmen BTN dan MCI untuk berkolaborasi dalam mendorong transformasi digital di ekosistem Bank BTN. Sebagai Active Investor, BTN Fund akan mendorong proses value creation pada Investees melalui aktivitas business development yang didukung dengan sinergi antar ekosistem Bank BTN, MCI, dan BUMN terkait dengan tujuan mendorong transformasi digital, efisiensi bisnis Bank BTN, serta memperkuat pengembangan startup,” paparnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper