Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Buka Ruang Bisnis Holding Asuransi Mini (KUPA), Begini Kata Allianz Life Indonesia

Allianz Life Indonesia menyebutkan akan mempelajari lebih lanjut regulasi terkait holding KUPA.
Nasabah beraktivitas di kantor Allianz Life, Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Nasabah beraktivitas di kantor Allianz Life, Jakarta, Rabu (6/10/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA— PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) menanggapi kemungkinan perusahaan menjadi perusahaan induk bagi perusahaan asuransi dengan modal mini alias Kelompok Usaha Perusahaan Asuransi (KUPA). 

Peluang KUPA tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 23 Tahun 2023. Regulasi ini menyebut perusahaan asuransi dengan ekuitas jumbo bisa menjadi induk perusahaan yang tidak mampu mengikuti aturan modal minimum atau anggota KUPA. Adapun ekuitas Allianz Life Indonesia mencapai Rp5,57 triliun atau berada di atas modal minimum yang rencananya akan ditetapkan menjadi Rp250 miliar pada 2026, Rp500 miliar (KPPE 1), dan Rp1 triliun (KPPE 2) pada 2028. 

Hasinah Jusuf, selaku Direktur Legal & Compliance Allianz Life Indonesia mengatakan pihaknya belum bisa banyak berkomentar apakah akan menjadi induk KUPA. Pihak Allianz Life Indonesia pun masih mempelajari terkait aturan tersebut. 

“Saat ini peraturan mengenai perizinan perusahaan asuransi baru saja diterbitkan, sehingga kami masih mengikuti sosialisasi dan menunggu arahan lebih lanjut dari OJK,” kata Hasinah kepada Bisnis, Jumat (29/12/2023). 

Namun yang pasti, Hasinah mengatakan pihaknya percaya bahwa aturan baru tersebut dirancang agar terus memupuk dan semakin menumbuhkan kepercayaan masyarakat pada industri asuransi. 

“Perusahaan-perusahaan asuransi dengan kondisi keuangan yang sehat, dapat memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko, serta ketenangan pikiran bagi nasabah,” ungkapnya. 

Selain itu, Hasinah mengatakan untuk saat ini pihaknya berkomitmen untuk terus menyediakan asuransi berkualitas dengan membangun dan mempertahankan kepercayaan nasabah. “Karena kepercayaan merupakan DNA inti Allianz,” imbuhnya. 

Beberapa strategi yang diterapkan yakni  menerapkan good corporate governance (GCG) yang baik, pengembangan dan inovasi produk, serta menyediakan layanan digital yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. 

OJK Resmi Naikkan Ekuitas Minimum Perusahaan Asuransi

Diberitakan sebelumnya, OJK resmi meningkatkan ekuitas minimum perusahaan asuransi dan reasuransi. Peningkatan ekuitas tersebut dilakukan dalam dua tahap, yang pertama dilakukan paling lambat pada 31 Desember 2026. 

Dalam tahap tersebut perusahaan asuransi wajib memiliki ekuitas minimum Rp250 miliar, sementara perusahaan reasuransi Rp500 miliar. Bagi perusahaan asuransi syariah Rp100 miliar dan reasuransi syariah yakni Rp200 miliar. 

Peningkatan ekuitas minimum tahap kedua akan dilakukan paling lambat pada 31 Desember 2028, di mana OJK juga akan melakukan pengelompokan perusahaan asuransi berdasarkan ekuitasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper