Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Utama Finance Kucurkan Kredit Kendaraan Listrik Rp282,7 Miliar pada 2023

Sepanjang 2023, leasing Mandiri Utama Finance tercatat menyalurkan kredit kendaraan listrik senilai Rp282,7 miliar.
Nasabah Mandiri Utama Finance/muf.co.id
Nasabah Mandiri Utama Finance/muf.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— PT Mandiri Utama Finance (MUF) telah menyalurkan pembiayaan atau kredit kendaraan listrik senilai Rp282,7 miliar sepanjang 2023. 

Pembiayaan tersebut terdiri dari Hybrid Electric Vehicle (HEV) sebanyak Rp170,7 miliar dan Battery Electric Vehicle (BEV) senilai Rp112 miliar. 

“Capaian tersebut meningkat sebesar 163% jika dibandingkan dengan penyaluran pembiayaan kendaraan listrik pada 2022,” kata Direktur Finance & Business Relationship Rully Setiawan kepada Bisnis, Kamis (18/1/2024). 

Rully mengatakan porsi pembiayaan kendaraan listrik roda empat berkontribusi sebanyak 80%, sementara untuk kendaraan listrik roda dua sebesar 20% dari total pembiayaan pada 2023. 

Penyaluran pembiayaan kendaraan listrik pada tahun lalu belum terlalu besar dibandingkan dengan keseluruhan portofolio pembiayaan MUF. 

Kendaraan listrik hanya berkontribusi sebanyak 1,36% dari total keseluruhan pembiayaan perseroan yang mencapai Rp20,7 triliun pada 2023. Adapun pembiayaan untuk mobil baru berkontribusi paling besar yakni mencapai 40,98% dalam portofolio MUF tersebut. 

Rully mengatakan ada beberapa tantangan yang dihadapi industri terkait dengan pembiayaan kendaraan listrik. Beberapa di antaranya yakni pemahaman masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan. 

Selain itu juga perlunya perluasan infrastruktur penunjang yang memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik sebagai moda transportasi sehari-hari. Rully menyebut pihaknya pun tidak memiliki target spesifik untuk pembiayaan kendaraan listrik tahun ini. 

Namun demikian MUF tetap berharap pembiayaan kendaraan listrik bisa meningkat seiring dengan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik yang juga meningkat.

Untuk meningkatkan, perseroan memiliki beberapa strategi yang di antaranya adalah memperluas kerja sama dengan rekanan dealer dan showroom yang menawarkan kendaraan listrik kepada konsumen. 

Berikutnya mendorong awareness dan pemahaman masyarakat terhadap kendaraan listrik melalui berbagai event dan kanal komunikasi MUF. 

“MUF juga turut menawarkan program-program menarik untuk konsumen yang dikhususkan untuk pembiayaan kendaraan listrik,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper