Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSI (BRIS) Bergeliat Kembangkan Platform Digital, Sasar Nasabah Korporasi

BSI (BRIS) memperkenalkan Platform Transaction Banking BSI bagi nasabah institusi seiring dengan pengembangan layanan digital pada tahun ini.
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021).  Bisnis/Arief Hermawan P
Gedung berlogo Bank Syariah Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (31/1/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. atau BSI (BRIS) sedang bergeliat mengembangkan layanan digitalnya pada tahun ini. Terbaru, BSI memperkenalkan Platform Transaction Banking BSI bagi nasabah institusi.

Direktur Wholesale & Transaction Banking BSI, Zaidan Novari mengatakan platform tersebut tidak hanya menjadi solusi transaction banking, tetapi juga mendorong pengembangan islamic ecosystem yang terintegrasi bagi dunia usaha nasabah BSI.

"Kami bertekad menyajikan produk dan layanan keuangan syariah yang tidak hanya modern tetapi juga benar-benar inklusif, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi dunia usaha nasabah institusi BSI,” kata Zaidan dalam keterangan tertulis pada Jumat (2/2/2024).

Platform Transaction Banking BSI menawarkan konsep single sign on yang memberikan akses bagi nasabah ke layanan cash management, value chain, FX, dan trade finance dengan sekali klik.

Selain itu, platform tersebut menjadi key driver islamic ecosystem dengan fitur-fitur pendukung antara lain pendaftaran nomor pokok wajib zakat (NPWZ) dan pembayaran zakat perusahaan.

Zaidan mengatakan melalui platform tersebut, BSI menargetkan pertumbuhan dana murah (current account saving account/CASA) nasabah pengguna sebesar 15% menjadi Rp45 triliun. 

"Kami juga menargetkan volume transaksi cash management, value chain, dan trade finance mengalami peningkatan sebesar 32% menjadi Rp372 triliun, dengan frekuensi transaksi meningkat 30% menjadi 14 juta transaksi pada tahun ini,” tutur Zaidan. 

BSI memang sedang bergeliat mengembangkan platform digitalnya. BSI memiliki platform digital BSI Mobile yang telah meraup jumlah pengguna mencapai 6,3 juta orang, di mana pembukaan rekening online on boarding (OOB) mencapai 86%.

“Pertumbuhan nasabah di BSI juga tak lepas dari optimalisasi e-channel, seperti BSI Mobile yang dapat dengan mudah diakses nasabah untuk berbagai keperluan transaksi seperti pembukaan rekening online baik tabungan, deposito maupun pembiayaan,” ujar Direktur Utama BSI Hery Gunardi.

Menurutnya, layanan digital menjadi suatu keharusan bagi sebuah bank. Untuk BSI Mobile, tahun ini BSI menargetkan pengembangan menjadi aplikasi super alias super app.

"Kami jadikan [BSI Mobile] super app, gunanya agar lebih user friendly, nasabah lebih mudah gunakan fitur yang lebih banyak," ujarnya.

Dalam mengembangkan super app itu, sejumlah fitur pun disiapkan. "Tidak hanya keuangan basic, transfer, dan lainnya, tapi ada lifestyle. Ada layanan memudahkan nasabah liburan, beli tiket, dan lain-lain. Apalagi API [application programming interface] yang sekarang sudah ada, bisa integrasi dengan e-commerce," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper