Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPST Bank Woori Saudara (SDRA) Angkat Presiden Direktur Baru

Rapat umum pemegang saham tahunan PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) memutuskan untuk mengangkat presiden direktur baru pengganti Hwang Gyusoon.
Logo Bank Woori Saudara/bankwoorisaudara.com
Logo Bank Woori Saudara/bankwoorisaudara.com

Bisnis.com, JAKARTA — Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk. (SDRA) memutuskan untuk mengangkat presiden direktur baru pengganti Hwang Gyusoon yang sebelumnya mengundurkan diri.

RUPST Bank Woori Saudara yang digelar pada 7 Maret 2024 itu menyetujui pengunduran diri Hwang Gyusoon selaku presiden direktur terhitung sejak ditutupnya rapat.

"Kemudian mengangkat Kim Eungchul selaku Presiden Direktur perseroan yang baru terhitung sejak ditutupnya rapat," tulis Manajemen Bank Woori Saudara dalam risalah RUPST, dikutip Sabtu (9/3/2024).

Kim Eungchul akan efektif menjabat sebagai presiden direktur Bank Woori Saudara setelah memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atas penilaian kemampuan dan kepatutan (fit and proper test) serta pemenuhan seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. 

Sementara itu, selama Kim Eungchul belum efektif menjabat sebagai Presiden Direktur, maka Kang Bong Joo ditunjuk sebagai pelaksana tugas presiden direktur.

Kim Eungchul merupakan orang lama di Woori Bank, pemegang saham pengendali SDRA. Sebelumnya, ia merupakan chief executive officer (CEO) di Woori Investment Bank Korea Selatan sejak 2023 hingga saat ini.

Pria berkewarganegaraan Korea Selatan ini sudah berkarir di Woori Bank sejak 1991 dari masih staf hingga menjabat sebagai deputy executive vice president untuk International Trade Business Group.

Adapun, Hwang Gyusoon telah mengundurkan diri sejak akhir tahun lalu. "Perseroan telah menerima surat pengunduran diri Hwang Gyusoon dari jabatannya selaku Presiden Direktur pada tanggal 12 Desember 2023," tulis Kepala Divisi Kepatuhan Bank Woori Saudara Wiwit Sundari pada Desember 2023.

Hwang diangkat menjadi presiden direktur Bank Woori Saudara melalui keputusan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 2021.

Di tengah pengunduran diri Hwang dan muncul nama penggantinya, Bank Woori Saudara telah membukukan laba bersih Rp697,86 miliar pada 2023, turun 18,9% secara tahunan (year on year/yoy) dibandingkan laba bersih pada 2022 sebesar Rp860,57 miliar.

Dari sisi intermediasi, Bank Woori Saudara telah menyalurkan kredit Rp43,99 triliun sepanjang 2023, naik 9,79% yoy. Aset bank pun naik 6,45% yoy menjadi Rp54,82 triliun.

Dari sisi pendanaan, Bank Woori Saudara telah meraup dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp31,18 triliun pada 2023, naik 8,32% yoy. 

Susunan anggota direksi dan dewan komisaris Bank Woori Saudara setelah RUPST 2024:

Direksi Bank Woori Saudara

Presiden Direktur: Kim Eungchul

Direktur: Kang Bong Joo

Direktur: Benny Sudarsono Tan

Direktur: Edwin Sulaeman 

Direktur: Wuryanto

Direktur: Abdurachman Hadi 

Komisaris Bank Woori Saudara

Presiden Komisaris: Arief Budiman

Komisaris Independen: Ahmad Fajarprana

Komisaris Independen: Adi Haryadi

Komisaris: Choi Jung Hoon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper