Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simpanan Nasabah Tajir Vs Masyarakat Bawah Tumbuh Pesat, LPS Ungkap Penyebabnya

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan nasabah kaya atau tajir masih mendominasi nilai simpanan di bank.
Nasabah mencari informasi simpanan di kantor cabang Bank Raya yang merupakan bank peserta penjaminan LPS di Jakarta, Rabu (30/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha
Nasabah mencari informasi simpanan di kantor cabang Bank Raya yang merupakan bank peserta penjaminan LPS di Jakarta, Rabu (30/8/2023). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) melaporkan nasabah kaya atau tajir masih mendominasi nilai simpanan di bank. Bahkan, semua tiering simpanan mengalami tren yang positif per Maret 2024. 

Berdasarkan Data Distribusi LPS, tiering simpanan di atas Rp5 miliar menjadi simpanan dengan nominal terbesar yakni mencapai Rp4.672 triliun atau setara dengan 53,9% dari total simpanan senilai Rp8.668 triliun. 

Apabila, dilihat secara tahunan, pertumbuhan simpanan dengan tiering di atas Rp5 miliar juga tumbuh paling pesat yakni 9,1%. Kemudian, jika dilihat tren bulanan, pertumbuhan simpanan dengan tiering simpanan di atas Rp5 miliar mencatatkan pertumbuhan 3% month on month (MoM).

Lalu, nominal simpanan terbesar kedua jatuh pada simpanan di bawah Rp100 juta yang mencapai Rp1.061 atau 12,2% dari total simpanan per Maret 2024. Secara tahunan, simpanan ini tumbuh 7,3% dan secara bulanan tumbuh 3,2% MoM.

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa menilai pertumbuhan ini mencerminkan adanya perbaikan ekonomi.

"Jadi kelihatannya perbaikan ekonomi mulai bisa dirasakan oleh masyarakat bawah dan [ini] menggambarkan stabilitas ekonomi ke depan harusnya makin kuat," jelasnya dalam konferensi pers hasil rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pekan lalu (3/5/2024).

Pada laporan yang sama, berdasarkan jenis simpanan, simpanan dengan nominal terbesar terdapat pada simpanan Deposito yang mencakup 36,7% total simpanan.

“Seluruh jenis simpanan mengalami kenaikan nominal simpanan dibandingkan bulan sebelumnya dengan kenaikan nominal simpanna tertinggi terdapat pada jenis Deposit on Call sebesar 22,6% MoM,” tulis LPS dalam laporannya. 

Kemudian, jumlah rekening simpanan terbanyak terdapat pada tabungan yang mencakup 98% total rekening simpanan. 

Kenaikan jumlah rekening tertinggi terdapat pada Sertifikat Deposito sebesar 63,8% MoM, sedangkan penurunan jumlah rekening terdalam terdapat pada Deposit on Call sebesar 10,5% MoM. 

Sedangkan, berdasarkan tiering simpanan, jumlah rekening simpanan terbanyak terdapat pada tiering simpanan di bawah Rp100 juta yang mencakup 98,8% total rekening simpanan. 

Lebih lanjut, seluruh tiering simpanan juga mengalami kenaikan rekening simpanan dibanding bulan sebelumnya dengan kenaikan jumlah rekekning tertinggi pada tiering di atas Rp5 miliar sebesar 1% MoM.

Terakhir, penjaminan simpanan LPS mencakup 570,32 juta rekening atau sebesar 99,9% total rekening dijamin penuh, sedangkan 355.610 rekening atau sebesar 0,1% total rekening dijamin sebagian sampai dengan Rp2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper