Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Laba Seabank Capai Rp52 Miliar pada Kuartal I/2024, Naik 4 Kali Lipat

PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) berhasil meraup laba bersih Rp52 miliar pada kuartal I/2024.
Seabank Indonesia./Istimewa
Seabank Indonesia./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Seabank Indonesia (SeaBank) berhasil meraup laba bersih Rp52 miliar pada tiga bulan pertama 2024.

Nilai tersebut melesat empat kali lipat atau 283% secara tahunan (year-on-year/yoy) dibandingkan laba bersih periode yang sama tahun sebelumnya Rp13,47 miliar.

Direktur Utama SeaBank Indonesia Sasmaya Tuhuleley mengatakan melesatnya laba bank pada kuartal I/2024 menandakan kemampuan bank dalam menjalankan bisnis.

“Kami menjalankan bisnis selalu dengan prinsip kehati-hatian dan terus mengedepankan inovasi yang menguntungkan nasabah," ujarnya dalam keterangan tertulis pada Rabu (15/5/2024).

Rasio profitabilitas bank besutan induk Shopee, Sea Group ini pun meningkat, di mana tingkat pengembalian aset (return on esser/ROA) naik dari 0,22% pada Maret 2023 menjadi 0,82% pada Maret 2024.

Artinya, kemampuan bank dalam mendayagunakan asetnya untuk memperoleh keuntungan menjadi lebih baik.

Kenaikan laba Seabank juga sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit 22,1% yoy pada kuartal I/2024 menjadi Rp18,2 triliun. 

Adapun, kualitas aset dilihat dari rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) bank terjaga di level 2,02%.

Meski begitu, Seabank mencatatkan raupan dana pihak ketiga (DPK) yang turun 5,9% yoy menjadi Rp24,5 triliun pada kuartal I/2024. Lalu, rasio dana murah atau current account saving account (CASA) di Seabank kini mencapai 64,5%.

Seabank juga telah meraup 12 juta nasabah hingga saat ini.

“Akhir 2023 Seabank berhasil meraih 10 juta nasabah, kuartal I/2024 naik menjadi hampir 12 juta nasabah," tutur Sasmaya.

Sebelumnya, Direktur Strategi SeaBank Indonesia Junedy Liu mengatakan dalam menggaet nasabah, Seabank mengandalkan ekosistem Shopee. Adapun, 90% nasabah berasal dari ekosistem Shopee.

"Kenapa fokus di Shopee? Ini biar biaya akuisisinya murah," ujarnya pada pekan lalu (6/5/2024).

Menurutnya, Seabank menyasar pengguna Shopee untuk meraup pendanaan atau DPK. Seabank menawarkan sederet keuntungan bagi pengguna Shopee saat menyimpan dananya di bank, seperti bebas biaya admin hingga penawaran bunga simpanan yang tinggi.

Tak hanya itu, Seabank menyasar ekosistem Shopee untuk penyaluran kredit. Terdapat sejumlah layanan kredit di Shopee yang mana Seabank menjadi lender, seperti SPayLater, SPinjam, atau cashloan untuk merchant.

"Jadi kami menjangkau merchant-merchant Shopee," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper