Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Risiko Kredit Bermasalah Bank Kian Menjulang usai OJK Setop Relaksasi Covid-19

OJk mencatat adanya kemungkinan naiknya rasio kredit bermasalah pada sektor perbankan karena pemburukan kualitas kredit usai relaksasi Covid-19 dihentikan.
Foto multiple exposure warga beraktivitas di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Minggu (31/12/2023). Arief Hermawan P
Foto multiple exposure warga beraktivitas di dekat logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta, Minggu (31/12/2023). Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat adanya kemungkinan naiknya rasio kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) pada sektor perbankan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengungkapkan hal ini terjadi, karena pemburukan kredit restrukturisasi, utamanya setelah kebijakan relaksasi restrukturisasi Covid-19 dihentikan. 

“Namun demikian, sisa kredit restrukturisasi Covid-19 sudah jauh di bawah total kredit restrukturisasi saat awal pandemi, per Maret 2024 mencapai Rp228 triliun atau 3,14% dari total kredit,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang dikutip Minggu (19/5/2024). 

Kemudian, Loan at Risk (LaR) perbankan pada Maret 2024 sebesar 11,1%, sudah menurun makin mendekati level sebelum pandemi yaitu di kisaran 9-10%. 

Adapun, kata Dian, kenaikan NPL tersebut secara umum telah dimitigasi oleh bank melalui pembentukan cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN) sehingga tidak akan berpengaruh signifikan terhadap permodalan bank.

Di sisi lain, jika dilihat secara historis, NPL saat ini tergolong lebih rendah dibandingkan saat pandemi yang mencapai di atas 3%, meskipun suku bunga pada saat itu jauh lebih rendah. 

Artinya, kata Dian, risiko kredit yang tercermin dari NPL tidak hanya dipengaruhi oleh suku bunga, tetapi juga oleh kondisi makroekonomi secara keseluruhan, terutama pertumbuhan ekonomi domestik. 

Berdasarkan laporan OJK, memang NPL gross per Maret 2024 berada di level 2,25% yoy, turun dibandingkan Maret 2023 yang mencapai 2,49%. Sedangkan, NPL net mencapai  0,77% per Maret 2024 dari periode yang sama tahun sebelumnya 0,72%.

Dari sisi pemain, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) Jahja Setiaatmadja mengatakan di tengah pencabutan restrukturisasi Covid-19, tentu risiko NPL akan selalu ada.

“Tapi kalau kita lihat secara umum LAR di Indonesia cenderung menurun, relaksasi yang dilakukan OJK betul-betul membantu. Kita juga melihat setelah dinormalisasi, NPL kita juga enggak bergerak terlalu drastis,” ujarnya dikutip Minggu (19/5/2024).

Tercatat, NPL BCA naik tipis menjadi 1,9% pada kuartal I/2024 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yakni 1,8%. Adapun, LAR perseroan menurun ke level 6,6% dari sebelumnya 9,8%.

“Menurut saya, secara umum apabila dilakukan secara baik, dimonitor secara baik, waktu [bank] memberikan kredit juga secara prudent, ya enggak akan meningkatkan riisko kredit [drastis],” ujarnya. 

Per Maret 2024, BCA mencatatkan pencadangan kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) atau NPL coverage 220,3%. Sementara, pencadangan kredit berisiko (loan at risk/LaR) atau LaR coverage di level 71,9%.

Saat ini, secara keseluruhan restrukturisasi yang tercatat di BCA mencapai Rp16,8 triliun per Maret 2024, turun 58,1% dari periode yang sama tahun lalu Rp40,1 triliun. 

Lain hal dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) yang mencatat kredit restrukturisasi Covid-19 tersisa Rp22,3 triliun atau 1,56% dari total kredit.

Seiring dengan penyusutan restrukturisasi, Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar optimistis kinerja akan terus membaik. 

“Perseroan secara bertahap telah melakukan stress test dan sensitive analyst dari berbagai aspek,” ujarnya. 

Tercatat, NPL gross bank only berada di level 1,02% per Maret 2024, turun 68 basis poin (bps) dari periode yang sama di tahun lalu yang sebesar 1,7%. Kemudian, LaR berada di level 8,43% dari 11,3%.

Kemudian, pada kuartal I/2024, pencadangan atas kredit bermasalah atau nonperforming loan (NPL) coverage Bank Mandiri mencapai 318%. Sementara, posisi pencadangan kredit berisiko atau loan at risk (LaR) coverage berada di level 44,5%.

Lebih lanjut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) sendiri mencatatkan NPL bank only sebesar 3,27% pada kuartal I/2024, naik dari sebelumnya 3,02%. Sedangkan, LAR berada di level 12,74%.

Kemudian, berdasarkan presentasi perusahaan, dari sisi total outstanding atas restrukturisasi Covid-19 mencapai Rp41,5 triliun per Maret 2024, susut dari periode tahun lalu Rp54,5 triliun. Adapun, per Maret 2024, BRI mencatatkan NPL coverage 214,26% dan LaR coverage di level 52,41%.

Sedangkan, berdasarkan presentasi perusahaan, PT Bank Negara Indoensia (Persero) Tbk. (BBNI) mencatat NPL gross mengalami perbaikan menjadi 2% dari sebelumya 2,8%. Sedangkan, NPL net berada di level 0,7% dari 0,5%.

Sebelumnya, Direktur Finance BNI Novita Widya Anggraini mengatakan BNI juga terus melakukan pengkajian secara berkala atas dampak dari pencabutan kebijakan restrukturisasi kredit Covid-19. Menurutnya, pencabutan restrukturisasi diproyeksikan tidak berdampak signifikan terhadap peningkatan risiko kredit. 

"Memang kami kaji berkala prospek debitur untuk pulihkan usahanya dan potensi kolektabilitas normal. Jadi kami menilai mereka berada pada kondisi risiko yang minimal," ujarnya.

Dari sisi pencadangan, per Maret 2024 BNI menyiapkan NPL coverage di level 330,2%. Lalu, LaR coverage di level 50,4%. Secara keseluruhan, total restrukturisasi BNI mencapai 39,7 triliun per Maret 2024, dari periode yang sama tahun lalu yakni mencapai Rp80,5 triliun 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper