Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Neo (BBYB) Mau Right Issue 1,31 Miliar Saham, Harga Pelaksanaan Rp300

Harga pelaksanaan right issue Bank Neo (BBYB) ditetapkan Rp300 per saham, sehingga seluruhnya berjumlah sebanyak Rp393,5 miliar.
Karyawan melayani nasabah di digital lounge PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) di Jakarta, Selasa (7/2/2023). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan melayani nasabah di digital lounge PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) di Jakarta, Selasa (7/2/2023). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Bank Neo Commerce Tbk. (BBYB) akan menjalankan aksi korporasi penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) VII atau right issue sebanyak 1,31 miliar dengan nilai nominal saham baru Rp100. 

Adapun, harga pelaksanaan right issue kali ini sebesar Rp300 per saham, sehingga seluruhnya berjumlah senilai Rp393,5 miliar yang berasal dari saham portepel perseroan dan akan dicatatkan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI).

Lebih lanjut, setiap pemegang saham yang memiliki 700 juta  lembar saham lama yang namanya tercatat dalam DPS pada 10 Juli 2024 pukul 16:00 WIB mempunyai 76,26 juta HMETD di mana setiap satu HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru dengan Harga Pelaksanaan Rp300 setiap saham 

“Dan harus dibayar penuh pada saat mengajukan pemesanan pelaksanaan HMETD sehingga seluruhnya berjumlah sebanyak Rp393,5 miliar,” demikian isi prospektus tersebut dalam keterbukaan informasi, Rabu (3/7/2024)

PT Akulaku Silvrr Indonesia (ASI) yang merupakan Pemegang Saham Pengendali Perseroan, selaku pemilik dari 27,32% saham BBYB yang merupakan pemilik lebih dari 5% telah menyatakan kesanggupan dalam kapasitasnya sebagai Pembeli Siaga

Hal ini membuat Akulaku akan membeli seluruh sisa saham baru yang tidak diambil bagian oleh pemegang saham lainnya sebagaimana tertuang pada Perjanjian Pembelian Siaga tanggal 27 Juni 2024.

PT Akulaku Silvrr Indonesia akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimilikinya dalam PMHMETD VII yaitu dengan jumlah sebanyak 1,31 miliar saham baru.

Akulaku Silvrr Indonesia dalam kedudukannya selaku pemegang HMETD maupun selaku pembeli siaga juga memiliki dana yang cukup dan sanggup untuk melaksanakan seluruh HMETD yang menjadi haknya sesuai porsi bagian kepemilikan sahamnya (secara proporsional) serta untuk melaksanakan kewajibannya selaku pembeli siaga.

Hal ini berdasarkan Surat Pernyataan Komitmen PMHMETD VII tertanggal 27 Juni 2024 serta untuk bertindak sebagai Pembeli Siaga dalam PMHMETD VII berdasarkan Perjanjian Pembelian Siaga. 

Kemudian, jika saham baru yang ditawarkan dalam PMHMETD VII ini tidak seluruhnya diambil bagian atau dibeli oleh pemegang saham Perseroan atau Pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada Pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing pemegang saham yang meminta penambahan efek berdasarkan Harga Pelaksanaan.. 

Pemegang saham yang tidak melaksanakan HMETD akan mengalami dilusi maksimum sebesar 9,82% setelah periode pelaksanaan HMETD.

Jadwal PMHMETD VII BBYB

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa: 8 Agustus 2023 

Tanggal Efektif: 28 Juni 2024

Tanggal Pencatatan dalam Daftar Pemegang Saham yang berhak atas HMETD (Recording Date): 10 Juli 2024

Tanggal Terakhir Perdagangan Saham dengan HMETD di: 

Pasar Reguler dan Negosiasi: 8 Juli 2024 

Pasar Tunai: 10 Juli 2024 

Tanggal Mulai Perdagangan Saham Tanpa HMETD di: 

Pasar Reguler dan Negosiasi:  9 Juli 2024

Pasar Tunai: 11 Juli 2024 

Tanggal Distribusi HMETD: 11 Juli 2024 

Tanggal Pencatatan HMETD di BEI: 12 Juli 2024 

Periode Perdagangan HMETD: 12 – 18 Juli 2024 

Periode Penyerahan Saham Hasil Pelaksanaan HMETD: 16 – 22 Juli 2024 

Tanggal Akhir Pembayaran Pemesanan Saham Tambahan: 22 Juli 2024 

Tanggal Penjatahan Pemesanan Saham Tambahan: 23 Juli 2024 

Tanggal Penyerahan Saham Hasil Pemesanan Saham Tambahan: 24 Juli 2024

Tanggal Pengembalian Kelebihan Uang Pemesanan Saham Tambahan: 24 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper