Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asuransi Jiwa Astra Life Tutup Kuartal III/2024 dengan Aset Rp8,1 Triliun

Astra Life mencatatkan total aset Rp8,1 triliun hingga kuartal III/2024.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Karyawati beraktivitas di kantor PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan asuransi jiwa di bawah Grup Astra PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mencatatkan total aset yang tembus Rp8,1 triliun hingga kuartal III/2024. Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 9% secara tahunan (year on year/YoY) apabila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. 

Presiden Direktur Astra Life Nico Tahir mengatakan pertumbuhan positif ini merupakan buah dari pondasi bisnis Astra Life yang dibangun secara kuat sehingga dapat mencapai profitabilitas yang berkelanjutan di tengah situasi ekonomi yang fluktuatif.

Nico menambahkan selain membukukan pertumbuhan aset, perusahaan juga mencatat kenaikan pendapatan premi bruto dari Rp4,4 triliun pada kuartal III/2023 menjadi Rp4,5 triliun untuk periode yang sama pada tahun ini. 

"Astra Life juga telah melindungi 3,4 juta jiwa atau telah bertumbuh delapan kali lipat jika dibandingkan tahun pertama Astra Life hadir pada 2014," kata Nico dalam keterangan resminya dikutip Minggu (27/10/2024). 

Menjelang tutup buku 2024, Nico menekankan Astra Life masih optimistis akan terus konsisten untuk bertumbuh di atas rata-rata industri. Meskipun, pihaknya mengakui di tengah kontraksi ekonomi yang terjadi ketika aktivitas ekonomi cenderung tidak stabil, situasi  pada asuransi jiwa pun menghadapi berbagai tantangan. 

“Namun, di tengah kondisi tersebut, hingga kuartal III/2024 Astra Life telah memenuhi komitmen dan tanggung jawabnya melalui pembayaran klaim senilai Rp553 miliar [diluar manfaat penutupan polis],” katanya. 

Astra Life juga mampu melampaui tingkat solvabilitas/risk based capital (RBC) minimum 120%  yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun, pada kuartal III/2024, tingkat RBC perseroan mencapai di angka 256% atau mengalami pertumbuhan sebesar 44% dibandingkan periode yang sama pada 2023. 

Tahun ini, Astra Life telah melakukan berbagai aksi korporasi di antaranya meluncurkan produk baru pada kanal distribusi bersama Unit Usaha  Syariah (UUS) Permatabank. Selain itu, ekspansi kemitraan bancassurance juga telah dilakukan  melalui peresmian kerjasama dengan Bank Jasa Jakarta yang sekaligus menandai kolaborasi  dalam ekosistem bisnis grup Astra, terutama Astra Financial. 

Astra Life juga secara konsisten terus mengoptimalkan kanal digital maupun direct agar  masyarakat dapat semakin mudah mengakses produk dan layanan yang ditawarkan sehingga  semakin banyak lagi masyarakat yang terproteksi dengan produk asuransi jiwa. 

"Melalui serangkaian pencapaian ini, Astra Life memiliki aspirasi untuk terus menjadi perusahaan  asuransi jiwa di Indonesia dengan pertumbuhan yang positif, portofolio bisnis yang kuat,  profitable, dan sustainable. Harapannya, Astra Life bisa menjadi brand asuransi jiwa yang resilien  terhadap berbagai tantangan ekonomi di masa depan,” ujar Nico.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper