Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biaya Kesehatan Makin Melonjak, Astra Life Ungkap Jurus Hadapi Tantangan Finansial

Astra Life optimistis mengejar target pada tahun ini, incar segmen kaum muda.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Karyawati beraktivitas di kantor PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan asuransi jiwa PT Asuransi Jiwa Astra (Astra Life) mengungkap sejumlah jurus menghadapi tantangan finansial di tahun naga kayu 2024, termasuk untuk keluarga muda di tengah biaya kesehatan yang terus meningkat.

Marketing, Alternate & Direct Business Group Head Astra Life Windy Riswantyo menuturkan bahwa keluarga muda perlu cermat dalam meraih impian finansial keluarga agar dapat mengatasi segala tantangan finansial yang mungkin terjadi, seperti terkena penyakit kritis hingga tutup usia dini.

“Sebaiknya keluarga muda memiliki mitigasi risiko finansial, sehingga dapat meraih tujuan finansial jangka panjang seperti menyekolahkan anak hingga lulus kuliah, rencana ibadah, hingga bisa menikmati hari tua dengan nyaman,” kata Windy dalam keterangan tertulis, Rabu (7/2/2024).

Windy menuturkan bahwa salah satu tantangan di tahun ini adalah biaya kesehatan yang terus meningkat menjadi 13,0% dan mengalami inflasi 3,0% pada 2024 menurut survei Mercer Marsh Benefit (MMB) bertajuk Health Trends 2024.

“Biaya perawatan kesehatan yang semakin mahal dapat menjadi risiko beban finansial yang besar bagi keluarga muda,” ujarnya.

Terlebih, lanjut Windy, dengan semakin tingginya angka penyakit kronis dan biaya perawatan yang terus meningkat, maka keluarga muda perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk menghadapi kondisi kesehatan yang tidak terduga.

Menurut Windy, keluarga muda sebaiknya sehat dalam hal pola hidup dan finansial, termasuk memiliki asuransi kesehatan.

Berikut adalah tiga langkah yang perlu dipahami terkait asuransi:

1. Lindungi dengan asuransi kesehatan sedini mungkin

Windy mengimbau agar masyarakat membeli asuransi kesehatan sedini mungkin di saat diri sendiri dan keluarga dalam kondisi kesehatan yang prima. Dengan memiliki asuransi kesehatan keluarga, maka kekhawatiran aset akan tergerus untuk membiayai pengobatan ketika sakit dapat teratasi.

“Bagi keluarga muda yang masih memiliki banyak kebutuhan, bisa mendaftar menjadi peserta dalam program jaminan kesehatan dari pemerintah,” ujarnya.

Namun, bagi keluarga yang lebih mapan dan menginginkan fasilitas yang lebih nyaman khususnya bagi anak dapat menambahkan asuransi kesehatan swasta.

Adapun, alokasi untuk kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan sekitar 10% dari pendapatan.

2. Pilih produk dengan manfaat yang sesuai

Dia menjelaskan bahwa penting bagi keluarga muda untuk mendiskusikan kebutuhan akan proteksi kesehatan bersama-sama, misalnya apakah dari kedua belah pihak memiliki riwayat penyakit kritis hingga alokasi budget yang disepakati.

“Astra Life memiliki beragam perlindungan kesehatan dengan manfaat yang lengkap, seperti perlindungan kesehatan yang memberi manfaat pembayaran rawat inap, pembedahan sesuai tagihan rumah sakit, santunan harian rawat inap, dan penyakit kritis sejak tahap dini,” ungkapnya.

3. Miliki asuransi tanpa ribet

Berikutnya, juga penting bagi keluarga muda untuk memiliki asuransi dengan layanan yang memudahkan nasabah.

Windy menjelaskan bahwa di Astra Life, setiap nasabah memiliki akses ke portal nasabah yaitu MyAstraLife.

“Lewat aplikasi ini, nasabah yang hendak berobat rawat inap di rumah sakit cukup menunjukan e-card,” terangnya.

Selain itu, juga terdapat fitur My Claim yang dapat mempermudah klaim asuransi kesehatan, fitur My Fund untuk dapat melakukan e-switching yaitu pengalihan dana investasi dan e-withdrawal yaitu fitur untuk menarik saldo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rika Anggraeni
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper