Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Keuangan: Ketatkan Anggaran

Anda harus memaksimalkan uang Anda dengan menekan pengeluaran dibanding pendapatan. Termasuk mengetatkan pengeluaran.

Bisnis.com, JAKARTA - Meskipun membuat resolusi untuk memperbaiki situasi keuangan Anda adalah hal yang baik untuk dilakukan pada setiap saat sepanjang tahun, banyak orang merasa lebih mudah pada awal tahun baru. Terlepas dari ketika Anda memulai, dasar-dasar tetap sama.

Berikut adalah sepuluh kunci untuk mendapatkan kemajuan finansial.

1.    Bayar yang Harus Dibayar dan Kurangi Pengeluaran

Kedengarannya sederhana, tetapi banyak orang berjuang dengan aturan dasar pertama itu. Pastikan Anda tahu apakah pekerjaan Anda bernilai di pasar, dengan melakukan evaluasi keterampilan Anda, produktivitas, tugas pekerjaan, kontribusi kepada perusahaan, dan tarif, baik di dalam maupun di luar perusahaan, untuk apa yang Anda lakukan. Membayar ratusan atau ribuan dolar per tahun dapat memiliki efek kumulatif yang signifikan selama hidup Anda bekerja.

Tidak peduli seberapa banyak atau sedikit Anda bayar, Anda tidak akan pernah maju jika Anda menghabiskan lebih banyak daripada yang Anda dapatkan. Seringkali lebih mudah untuk menghabiskan dibandingkan dengan mendapatkan lebih, dan upaya pemotongan biaya kecil di sejumlah pos dapat menghasilkan penghematan besar. Itu tidak selalu harus melibatkan membuat pengorbanan besar.

2. Ketatkan Anggaran

Salah satu mata pelajaran favorit saya: Penganggaran. Ini bukan kata empat huruf. Bagaimana Anda bisa tahu ke mana uang Anda pergi jika Anda tidak punya anggaran? Bagaimana Anda dapat mengatur pengeluaran dan tabungan jika Anda tidak tahu tujuan ke mana uang Anda pergi? Anda memerlukan anggaran apakah Anda membuat ribuan atau ratusan ribu dolar per tahun.

3. Bayar Semua Utang Kartu Kredit

Hutang kartu kredit adalah hambatan nomor satu untuk maju secara finansial. Potongan-potongan kecil plastik itu sangat mudah digunakan, dan sangat mudah untuk membuat lupa bahwa uang nyata kita sedang berhadapan dengan cambuk ketika kita membayar pembelian, besar atau kecil. Meskipun resolve  kita baik untuk membayar saldo off dengan cepat, kenyataannya sering kita tidak melakukan, dan akhirnya membayar jauh lebih banyak untuk sesuatu dibandingkan dengan jika kita membayarnya menggunakan uang tunai.

4. Rencana Pensiun

Jika majikan Anda memiliki 401 (k) Plan --ini merupakan kebijakan pensiun di AS-- dan Anda tidak berkontribusi untuk itu, Anda berjalan jauh dari salah satu penawaran terbaik di luar sana. Tanyakan majikan Anda jika mereka memiliki 401 (k) rencana (atau rencana yang sama), dan mendaftar hari ini. Jika Anda sudah memberikan kontribusi, cobalah untuk meningkatkan kontribusi Anda. Jika majikan Anda tidak menawarkan program pensiun, pertimbangkan IRA (Individual retirement account).

5. Miliki Rencana Tabungan

Anda pernah mendengar sebelumnya: Bayar diri Anda terlebih dahulu! Jika Anda menunggu sampai Anda memenuhi semua kewajiban keuangan Anda yang lain sebelum melihat apa yang tersisa untuk tabungan, kemungkinan Anda tidak akan pernah memiliki rekening tabungan atau investasi yang sehat. Putuskan untuk menyisihkan minimal 5% sampai 10% dari gaji Anda untuk tabungan sebelum Anda mulai membayar tagihan Anda. Lebih baik lagi, punya uang otomatis dipotong dari gaji Anda dan disetorkan ke rekening terpisah.

6. Berinvestasi!

Jika Anda berkontribusi terhadap program pensiun dan tabungan dan Anda masih dapat mengatur untuk menaruh uang ke investasi lain, semua baik.

7. Maksimalkan Manfaat Kerja Anda

Kerja seperti rencana 401 (k), rekening pengeluaran fleksibel, asuransi kesehatan dan gigi, dll, yang bernilai uang besar. Pastikan Anda memaksimalkan Anda dan mengambil keuntungan dari orang-orang yang dapat menghemat uang dengan mengurangi pajak atau biaya yang keluar dari saku.

8. Tinjau Coverages Asuransi Anda

Penting bahwa Anda memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi tanggungan Anda dan penghasilan Anda dalam kasus kematian atau cacat.

9. Perbarui Keinginan Anda

70% Orang Amerika tidak memiliki surat wasiat. Jika Anda memiliki tanggungan, tidak peduli seberapa sedikit atau seberapa banyak Anda memiliki, Anda perlu wasiat. Jika situasi Anda tidak terlalu rumit Anda bahkan dapat melakukan sendiri dengan perangkat lunak seperti WillMaker dari Nolo Press. Melindungi orang yang Anda cintai. Menulis surat wasiat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : financialplan.about.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper