Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Perbankan Syariah Diprediksi Tumbuh 20% pada 2014

Bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan pembiayaan industri bank syariah pada 2014 berada di kisaran 20%, tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan industri bank konvensional.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 16 Desember 2013  |  12:48 WIB
Industri Perbankan Syariah Diprediksi Tumbuh 20% pada 2014
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memproyeksi pertumbuhan pembiayaan industri bank syariah pada 2014 berada di kisaran 20%, tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan industri bank konvensional.

Gubernur Bank Indonesia Agus D. W. Martowardojo mengharapkan industri perbankan syariah pada 2014 harus menyeimbangkan pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) dan pembiayaan.

Sementara itu, hingga Oktober 2013, rasio pembiayaan terhadap pendanaan (financing to deposit ratio/FDR) 103% dengan rasio kecukupkan modal (capital adequacy ratio/CAR) 14,19%.

"Pertumbuhan pembiayaan syariah di 2014 akan tumbuh pada kisaran 20% dan BI memprediksikan pangsa pasar syariah yang masih 4,8% akan mencapai 5% hingga akhir 2013," ucapnya di Seminar Akhir Tahun Perbankan Syariah 2013, Senin (16/12/2013).

Agus mengungkapkan dampak kondisi perekonomian terhadap perbankan syariah yakni penurunan pertumbuhan sejalan dengan ekonomi global yang melambat.

Sementara itu, dari sisi jumlah kantor Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) bertambah 264 kantor sepanjang tahun ini.

Adapun aset perbankan syariah hingga Oktober 2013 sebesar Rp229,5 triliun, bila ditotal dengan aset Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah, maka aset perbankan syariah mencapai Rp235,1 triliun. 

“Pertumbuhan tersebut masih dalam koridor revisi proyeksi pertumbuhan 2013,” tutur Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia perbankan syariah industri perbankan akses perbankan
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top